home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Himbauan yang Harus Diperhatikan Warga Pasca Meletusnya Gunung Merapi

Minggu, 17 November 2019 15:38 by reinasoebisono | 738 hits
Himbauan yang Harus Diperhatikan Warga Pasca Meletusnya Gunung Merapi
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Gunung Merapi dilaporkan mengeluarkan material-material pada pukul 10.46 WIB hari ini, Minggu, 17 November 2019. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pun memberikan himbauan.

Melansir CNN, himbauan itu berisi tentang agar warga menjauhi area dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi. 

PVMBG juga mengimbau warga mengantisipasi dampak abu vulkanik dan awan panas Merapi, serta mewaspadai ancaman aliran lahar ketika hujan turun di sekitar puncak gunung berapi tersebut. 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengingatkan potensi bahaya dari luncuran awan panas akibat runtuhnya kubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif. 

Baca juga: Viral video Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Guguran, Apa Kata BPPTKG?

"Berdasarkan pantauan Pusdalops BNPB, situasi di lapangan aman terkendali dan tidak ada dampak yang berarti. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti rekomendasi dari PVMBG," kata Agus.

Menurut PVMBG, Gunung Merapi yang berada di wilayah Kabupaten Sleman (Daerah Istimewa Yogyakarta), serta Kabupaten Klaten, Boyolali, dan Magelang (Jawa Tengah) meletus pada 17 November 2019 pukul 10:46 WIB. Letusan itu tercatat di seismogram beramplitudo max 70 mm dan berlangsung selama 155 detik. 

Menurut PVMBG, kolom letusan Merapi teramati setinggi sekitar 1000 meter. Saat Merapi meletus, angin bertiup ke barat dan membawa hujan abu tipis di sebagian wilayah Desa Banyubiru Dukun, Kabupaten Magelang. 

Pantauan BMKG dari citra satelit Himawari, pada pukul 13.00 WIB, debu vulkanik Merapi sudah tidak terdeteksi lagi di angkasa.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)