home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pulau Komodo Masuk Daftar Destinasi yang Sebaiknya Tidak Dikunjungi Pada Tahun 2020, Ini Alasannya

Rabu, 20 November 2019 07:00 by Rie127 | 1033 hits
Pulau Komodo Masuk Daftar Destinasi yang Sebaiknya Tidak Dikunjungi Pada Tahun 2020, Ini Alasannya
Image Source: Holland America

DREAMERS.ID - Media wisata asal Amerika Serikat, Fodor’s Travel merilis daftar destinasi yang harus dikunjungi dan sebaiknya tidak dikunjungi pada tahun 2020 mendatang. Ternyata terdapat 2 tempat wisata di Indonesia yang termasuk dalam daftar yang sebaiknya tidak dikunjungi, yaitu Bali dan Pulau Komodo.

Jika di Bali, Fodor's Travel berfokus pada dampak lingkungan dari pariwisata massal, Pulau Komodo dinilai sebagai destinasi wisata dengan biaya yang terlalu murah dan patut menaikkan pajak turis untuk kelestarian hewan langka.

“Pemangku kebijakan di Indonesia pada awalnya berencana untuk menutup Pulau Komodo selama satu tahun dari Januari 2020, tetapi membatalkan inisiatif itu setelah menentukan bahwa komodo yang hidup di sana tidak terancam oleh campur tangan wisatawan terhadap perilaku dan habitat mereka”. tulis Fodor's Travel.


Image Source: Tribun

Selain Pulau Komodo, ada Kepulauan Galapagos yang disorot oleh Fodor's Travel dengan permasalahan hampir sama. Pajak turis di Galapagos dinilai terlalu murah dan tidak naik selama 20 tahun.

Baca juga: Wanita Haid Tidak Boleh Datang ke Pulau Komodo, Ini Faktanya

Pajak turis yang terlalu murah dinilai tidak akan mengurangi dampak pariwisata massal. Banyaknya kunjungan wisatawan ditakutkan akan berpengaruh pada kelestarian hewan langka, seperti hewan Komodo di Pulau Komodo dan kura-kura terbesar di dunia yang ada di Kepulauan Galapagos.

Menurut Fodor's Travel, seberapa jauh pemerintah dan komunitas lokal berupaya menjaga tempat destinasi, harus diperhatikan oleh setiap turis. Hal tersebut juga dinilai lebih penting dibandingkan dengan mencapai goals untuk mengunjungi tempat wisata. 

“Oleh karena itu, yang ditampilkan dalam No List bukan daftar terlarang. Sebaliknya, ini adalah janji ketika kita benar-benar membahas tujuan yang disebutkan di sini, di tempat yang menakjubkan, kita akan berwisata dengan bertanggung jawab” tulis Fodor's Travel.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)