home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanggapan Mas Menteri Nadiem Makarim Saat Ditanya Kemungkinan Dihapusnya UN

Kamis, 28 November 2019 20:00 by reinasoebisono | 1870 hits
Tanggapan Mas Menteri Nadiem Makarim Saat Ditanya Kemungkinan Dihapusnya UN
Image source: Republika

DREAMERS.ID - Salah satu momok menakutkan bagi generasi muda pelajar Indonesia hingga kini adalah Ujian Nasional atau UN yang kebutuhan dan manfaatnya masih dipertanyakan hingga sekarang. Isu penghapusan UN sudah berkali-kali muncul di setiap periode menteri baru.

Kini, di tampuk kepemimpinan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, topik penghapusan UN pun muncul kembali. Meski belum bisa menjelaskan lebih jauh, Nadiem mengatakan pihaknya tengah mengkaji hal tersebut.

"Itu (penghapusan UN) yang sedang kami kaji. Ditunggu kabarnya," ujat Nadiem di Ballroom The Ritz-Carlton Hotel Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/11).

Tak hanya itu, Nadiem mengatakan Kemendikbud kini tengah berupaya menciptakan kesinambungan antara sistem pendidikan dan dunia industri. Beberapa cara di antaranya adalah deregulasi dan debirokratisasi.

"Juga arahan Pak Presiden untuk menciptakan link and match antara sistem pendidikan kita dan apa yang dibutuhkan di dunia industri dan lain-lain. Untuk mencapai itu, ada beberapa hal yang satunya adalah deregulasi dan debirokratisasi dari semua instansi unit pendidikan. Makanya platformnya yang kami sebutkan itu merdeka belajar," kata dia.

Baca juga: Bersiap! Ini 5 Strategi Mendikbud Benahi Pendidikan di Indonesia

Nadiem mengatakan pihaknya juga akan melakukan penyederhanaan kurikulum. Serta lebih mengutamakan kompetensi daripada sekadar menghafal.

"Dari situ harus adanya penyederhanaan dari sisi kurikulum maupun asesmen agar beralih kepada yang sifatnya yang lebih kompetensi dan bukan saja menghafal informasi. Itu suatu perubahan yang akan kita terapkan dan kita sempurnakan," ujarnya.

Nadiem turut menyebut kualitas sumber daya manusia (SDM) pengajar atau guru juga perlu ditingkatkan. Dan peningkatan tersebut akan dilakukan merata ke semua jenjang pendidikan.

"Tentunya yang terpenting adalah kualitas daripada SDM pendidik baik di vokasi maupun di unit pendidik dalam SMA, SMP, SD. Semua itu mengarah pada pelatihan peningkatan dan penyederhanaan hidup seorang pendidik," tuturnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)