home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dianggap Bermasalah, Nadiem Makarim Umumkan Program Pengganti Ujian Nasional

Rabu, 11 Desember 2019 12:00 by manachemvr | 525 hits
Dianggap Bermasalah, Nadiem Makarim Umumkan Program Pengganti Ujian Nasional
Image source: BeritaSatu,com

DREAMERS.ID - Hari ini Mendikbud Nadiem Makarim menghadiri rapat koordinasi bersama dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Dalam acara tersebut, Nadiem mengungkapkan bahwa akan ada program pengganti untuk ujian nasional. Rencananya program ini akan dilaksanakan mulai tahun 2021.

"Di tahun 2021, UN (ujian nasional) itu akan diganti menjadi asesmen kompetensi minimum dan survei karakter," kata Nadiem.

Baca juga: Bersiap! Ini 5 Strategi Mendikbud Benahi Pendidikan di Indonesia

Alasan utama perubahan program ujian nasional diungkapkan oleh Nadiem karena adanya beberapa masalah dalam format ujian. Selain itu ujian nasional masih menjadi beban dan momok menakutkan bagi sejumlah siswa maupun orang tua.

"Ini sudah jadi beban stres bagi banyak sekali siswa guru dan orang tua. Karena sebenarnya ini berubah menjadi indikator keberhasilan siswa sebagai individu. Padahal maksudnya ujian berstandar nasional adalah untuk mengakses sistem pendidikan, yaitu sekolahnya maupun geografinya maupun sistem penduduknya secara nasional," ujar Nadiem.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)