home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bocoran Di Mana Jokowi Menempatkan Istana Negara di Ibu Kota Baru

Kamis, 19 Desember 2019 15:11 by reinasoebisono | 829 hits
Bocoran Di Mana Jokowi Menempatkan Istana Negara di Ibu Kota Baru
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Ternyata Presiden Jokowi menempatkan Istana Negara nantinya di lokasi spesial di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara di Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan ketika meninjau kawasan calon ibu kota baru, Selasa (17/12).

Jokowi, via laman CNN Indonesia akan menempatkan Istana Negara di dataran paling tinggi. Dan ini adalah kunjungan perdana Jokowi setelah memutuskan kawasan ibu kota baru. Kebetulan, titik yang dipilih adalah lokasi tertinggi dari kawasan yang berkontur tidak merata.

"Klaster pemerintah tadi tempatnya kira-kira yang kita lihat di sana. Kira-kira tadi di sana, tempat paling tinggi, istananya juga di sekitar itu. Kementerian-kementerian juga di sekitar tadi kita berhenti," ujarnya.

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

"Ini kontur yang sangat bagus, bukan menyulitkan. Kalau arsitek atau urban planner diberi sebuah kawasan naik turun bukit pasti akan senang, lihat saja nanti. Desainernya pasti akan senang sekali," katanya.

Jokowi mengatakan jika tak khawatir kalau ada anggapan yang menyatakan jika pembangunan ibu kota baru akan menyulitkan. Karena kawasan ibu kota negara dibangun di hutan tanaman industri (HTI) bukan hutan liar.

Kendati begitu, belum ada pengumuman desain tata letak pasti terkait pembangunan kawasan ibu kota baru yang diumumkan pemerintah. Rencananya, desain itu akan diumumkan jelang akhir tahun ini. Dalam pembangunan ibu kota negara yang baru, pemerintah mengalokasikan lahan sekitar 256 ribu hektare (ha). Dari luasan itu, sekitar 56 ribu ha akan menjadi wilayah utama ibu kota negara.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)