home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Ternyata Ada Alasan Super Penting Mengapa Jangan Sembarang Buang Label Bagasimu!

Senin, 06 Januari 2020 10:46 by reinasoebisono | 1876 hits
Wah, Ternyata Ada Alasan Super Penting Mengapa Jangan Sembarang Buang Label Bagasimu!
Image source: Kompas/Shutterstock

DREAMERS.ID - Label bagasi ketika bepergian dengan pesawat terbang sering kali diabaikan oleh para penumpang. Kamu kah salah satunya? Padahal, label bagasi tak hanya berfungsi ‘mengamankan’ tas atau koper untuk bisa kembali pada pemiliknya sata keluar dari pesawat.

Via laman Kompas, perlu diketahui jika penumpang akan menerima label bagasi ketika telah melakukan check-in dan mendaftarkan bagasi di check-in counter. Setelah menerima dokumen dari, calon penumpang akan diberi boarding pass dan potongan dari label bagasi.

" Label bagasi diberi nomor sesuai dengan yang ada di sistem. Setiap bagasi diberi nomor yang akan tersimpan di sistem sampi ke tempat tujuan," jelas Andi Lukman, General Manager Area 1 JAS Airport Services

Label bagasi tersebut, jika di-scan akan menunjukkan data lengkap dari penumpang. Nomor bagasi akan ditempel pada koper atau tas dan didata oleh petugas check-in, sehingga label bagasi terdaftar milik penumpang itu menyimpan data-data penting.

Informasi yang tertera pada label bagasi biasanya mengenai nama, nomor frequent flyer, alamat pribadi, rute penerbangan, nama dan nomor penerbangan maskapai yang digunakan, hingga waktu penerbangan. Informasi-informasi tersebut akan sangat berguna bagi staf maskapai dalam mempersiapkan perjalananmu.

Beberapa kasus terjadi penumpang akan meninggalkan atau menghilangkan lebal bagasi. Hal ini justru akan menghambat proses pengecekan yang dilakukan pihak security.

"Kalau hilang bisa diurus di pihak lost and found dengan menunjukan passport (atau identitas diri), menjelaskan kalau label bagasinya hilang," papar Andi

Namun jika penumpang sudah mendapatkan bagasi terdaftarnya, baiknya segera melepas label bagasi yang ada. Pastikan penumpang membuang tag bagasi dan tidak bisa dibaca lagi. Karena di label tersebut tertera barcode yang bisa menampilkan informasi detail penumpang.

Ingatlah juga untuk merobeknya terlebih dahulu agar tak mudah dibaca oleh orang lain untuk menghindari kejadian tak menyenangkan seperti penyalahgunaan identitas yang berpotensi merugikan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)