home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Langit Cerah, Gerhana Matahari Cincin Bisa Terlihat Sempurna di Kota Ini

Kamis, 26 Desember 2019 15:05 by reinasoebisono | 1015 hits
Langit Cerah, Gerhana Matahari Cincin Bisa Terlihat Sempurna di Kota Ini
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Mungkin memang tidak terlihat jelas di Ibu Kota Jakarta, namun warga di sejumlah daerah begitu antusias menyambut fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) pada hari ini, Kamis (26/12).

Terlebih, gerhana yang bermula bisa dilihat dari Aceh ini nampak sempurna visualnya di Singkawang, Kalimantan Barat. Membuat warga, tepatnya di Datang Resort bergembira.

Melansir Kompas, hal ini juga didukung oleh cerahnya langit sehingga menbuat fenomena cahaya matahari untuk menyinari bumi tertutup bulan ini terlihat sempurna.

Pengamatan gerhana matahari cincin yang digelar di Dayang Resort ini diprakarsai tim komunitas edukasi astronomi untuk masyarakat Indonesia: Langitselatan.

Ajeng Tri Handini selaku Edukator Langitselatan menerangkan, pilihan mereka melakukan pengamatan gerhana matahari di Singkawang lantaran kondisi cuaca diprediksi cerah.

"Alhamdulillah. Setelah gerhana matahari cincin nya memcapai puncak, tidak ada halangan. Langit biru cerah. Hanya ada awan tipis," kata Ajeng.

Baca juga: 5 Karakter Drama Korea Ini Bikin Penonton Darah Tinggi

Untuk mendukung pemantauan, mereka menyiapkan sejumlah perlengkapan untuk pemantauan gerhana, ada 2 solar scope, 1 telescope meade, 1 telescoper skywattcher + OTA Lunt, telescope ioptron + OTA celestron.

"Ada juga kacamata matahari untuk digunakan pengunjung Dayang Resort," ucapnya.

Menurut Komunikator Astronomi Langitselatan, Avivah Yamani pun, gerhana kali ini adalah yang paling sempurna yang pernah ia lihat. 

"Tahun 2009 yang lalu itu berawan, 2013 juga berawan. Bahkan, tahun ini saja di tempat lain ada juga yang berawan, tapi di Singkawang cerah," ujarnya girang.

Dia menyebutkan, di Singkawang, gerhana matahari cincin dimulai pukul 10.43 WIB, mencapai puncak 12.42 WIB sampai 12.45 WIB.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)