home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Terkena Air Banjir? Ini Penyakit Kulit yang Dapat Mengintai Serta Cara Mencegahnya

Kamis, 02 Januari 2020 20:00 by Rie127 | 1220 hits
Sering Terkena Air Banjir? Ini Penyakit Kulit yang Dapat Mengintai Serta Cara Mencegahnya
Image Source: Tempo

DREAMERS.ID - Wilayah sekitar Jabodetabek kini sedang mengalami banjir besar, yang disebabkan oleh intensitas hujan yang cukup deras pada saat malam pergantian tahun, Selasa (31/12/19) lalu.

Karena banjir tersebut, terdapat banyak kerusakan pada rumah-rumah warga, hingga kerusakan transportasi pribadi akibat teredam banjir yang mencapai 2 meter, dibeberapa wilayah. Tidak hanya merugikan secara materil, namun banjir di awal tahun 2020 ini dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kulit akibat air banjir yang kotor.

Dilansir dari Wolipop, berikut ini merupakan beberapa penyakit kulit yang harus diwaspadai saat banjir hingga cara mencegahnya. Yuk simak dibawah ini!

Folikulitis

Folikulitis adalah kondisi kulit ketika folikel rambut mengalami peradangan, hal ini biasanya terjadi pada area tubuh yang memiliki rambut.

Folikulitis memang tidak terlalu berbahaya, namun dapat meninggalkan sensasi gatal, nyeri, yang membuat tubuh menjadi tidak nyaman.

Infeksi Jamur

Air banjir yang sangat kotor mengandung beberapa bakteri yang dapat menimbulkan infeksi jamur. Biasanya area yang terkena air banjir meliputi lipatan paha dan jari-jari kaki. Infeksi jamur ini memiliki karakteristik gatal pada saat berkeringat.

Dermatitis alergi

Penyakit alergi juga sering muncul pada saat banjir lantaran terpapar dengan bahan-bahan yang terbawa dalam air banjir, seperti bahan kimia atau sampah sehingga berpotensi membuat orang terkena dermatitis alergi.

Baca juga: Pertama Kali dalam 20 Tahun, Lokasi Wisata Pulau Nami Terendam Banjir

Bila banjir lama surut, kemungkinan seseorang terkena dermatitis alergi juga semakin besar. Namun, tidak semua orang yang kebanjiran terkena dermatitis alergi. Ini terjadi pada orang-orang yang sensitif pada bahan-bahan tertentu saja.

Kutu air

Terkena air banjir atau genangan air sangat memungkinkan seseorang mengalami kutu air, apalagi jika berjalan di area banjir tanpa menggunakan pelindung kaki, seperti sepatu boots.

Selain itu, suhu yang lembab secara terus menerus juga memungkinkan jamur berkembang lebih cepat sehingga lebih berisiko terjangkit kutu air.

Eksim

Eksim kerap terjadi di musim hujan. Ini adalah dermatitis yang paling umum sehingga menyebabkan maserasi kulit di sela-sela jari kaki. Tapi eksim terjadi akibat kolonisasi bakteri sekunder, yang merupakan turunan dari infeksi jamur.

Untuk mencegah hal-hal tersebut, ada baiknya kamu memakai boots agar kaki terlindung dari air banjir. Jika sudah terpapar oleh air banjir, ada baiknya kamu langsung membersihkan bagian tersebut dengan air bersih dan sabun antibakteri.

Jika diperlukan, kamu dapat menggunakan produk skincare, seperti pelembap khusus, atau salep antialergi untuk meminimalisir penyebaran bakteri.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)