home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jawaban dan Sindiran Ahok Soal Banjir Jakarta yang Sebenarnya Sudah Ia Ingatkan Sejak Lama

Sabtu, 04 Januari 2020 14:00 by reinasoebisono | 14078 hits
Jawaban dan Sindiran Ahok Soal Banjir Jakarta yang Sebenarnya Sudah Ia Ingatkan Sejak Lama
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Polemik banjir Jabodetabek memang terus bergulir menjadi isu panas. Saling menyalahkan datang dari masyarakat dan membanding-bandingkan peristiwa luar biasa ini baik dengan tahun-tahun sebelumnya atau pun dengan pemimpin sebelumnya.

Terkait hal tersebut, Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ternyata enggan angkat bicara soal banjir yang melanda wilayah Jakarta hampir merata.

Banjir yang terjadi sejak Rabu, 1 Januari 2020 itu, dikatakan Basuki alias Ahok jika Gubernur DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan, lebih berkapasitas untuk bicara soal bencana tersebut.

"Tanya Pak Anies yang lebih tahu. Pak Anies sudah lebih tahu dan teman temannya (juga) lebih tahu," ujar Ahok melansir Tempo dalam pesan pendek kepada Tempo, Jumat, 3 Januari 2020.

Sebelumnya, Ahok juga sempat mengunggah tweet terkait banjir Jakarta dan mendoakan semoga cepat berlalu. Ia turut berduka kepada para korban dengan memasang tagar #Banjir2020.

Baca juga: Wacana Premium Dihapus Namun Sulit Karena Mafia Migas, Ahok Setuju!

"Semoga banjir ini cepat berlalu dan kondisi pulih kembali," kata Ahok dalam cuitan yang langsung direspons ribuan pengguna Twitter. "Untuk warga yang tinggal di DAS, agar selalu waspada,"

Sebenarnya, untuk diingat, pada April 2019 lalu, Ahok sudah sempat mengingatkan akan adanya kemungkinan penyebab banjir Ibu Kota. Ia mengatakan banjir tersebab oleh pompa air yang terlambat diaktifkan. Menurut Ahok saat itu, pompa air semestinya sudah aktif sebelum debit air hujan tinggi.

"Saya orang tambang, teori tambang ngidupin pompanya telat, udah terlalu tinggi bisa tidak keburu. Saya kira mungkin tergenang itu karena mungkin ada pompa yang telat," kata Ahok di kawasan Menteng, 30 April 2019.

Tutur Ahok, kemungkinan lain banjir adalah saringan air yang tersumbat ranting atau sampah. Di era kepemimpinannya, yakni 2014-2017, Ahok menyebut persoalan kayu ranting yang menutupi saringan ketika hujan turun menjadi penyebab genangan karena menghambat air cepat surut.

Karena itu, Ahok mengatakan, pemerintah provinsi dulu selalu menaruh alat berat untuk menyisir ranting atau sampah di sekitar saringan air. Dan seperti yang diberitakan sebelumnya, banjir melanda berbagai kawasan Jabodetabek sejak 1 Januari dan menyebabkan banyak aktivitas ekonomi tersendat.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)