home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tiger JK Ungkap Teknik Sajaegi Paling Mengejutkan dan Harga Fantastisnya

Senin, 06 Januari 2020 16:20 by fzhchyn | 1048 hits
Tiger JK Ungkap Teknik Sajaegi Paling Mengejutkan dan Harga Fantastisnya
Image source: SBS

DREAMERS.ID - Program jurnalisme investigasi SBS ‘Unanswered Questions’ menayangkan episode khusus tentang sajaegi atau manipulasi chart digital. Dalam episode yang tayang 4 Januari itu, Tiger JK membagikan pemikirannya tentang sajaegi dan mengungkapkan beberapa tawaran mengejutkan yang pernah ia terima di masa lalu.

Tiger JK menjadi salah satu orang dalam industri yang diwawancarai dalam episode kali ini. “Aku rasa sajaegi itu ada,” katanya. “Kita telah secara konsisten mendapat penawaran sejak dulu hingga (keberadaannya) tidak mengejutkan kami.”

“Tawaran kami dengar benar-benar mengejutkan. Mereka memberi tahu kami bahwa jika kami bekerja dengan mereka, kami tidak akan pernah tertangkap. Mereka memberi tahu kami bahwa mereka bisa menjadikan kami No. 1,” imbuhnya.

Baca juga: SM Entertainment, Mark NCT Hingga IVE Donasi untuk Gempa Turki-Suriah

Berbicara secara mendetail tentang berbagai jenis teknik manipulasi chart digital, Tiger JK berkata, “Jenis sajaegi ‘mendorong keluar’ adalah yang paling mengejutkan. Ini merupakan upaya untuk melemahkan performa penyanyi saingan. Saat penyanyi sainganmu merilis single, mereka menaikkan (streaming) untuk tiga lagu atau lagu ballad lainnya pada hari itu untuk menurunkan peringkat lagu penyanyi saingan.”

Ia menambahkan, “Satu-satunya hal yang dapat aku lakukan adalah memberikan petunjuk melalui musikku.” Tiger JK kemudian menyebut lagunya yang rilsi tahun 2015 ‘I Know’, di mana ia dengan cerdik menggunakan frasa ‘-gayo’, yang bisa berarti ‘apakah itu?’ atau ‘musik pop’ tergantung pada konteks dalam bahasa Korea, dalam liriknya.

Ia menjelaskan, “Aku langsung mengatakannya di bagian chorus. Harga (dari sajaegi) pada saat itu adalah 100 juta won (sekitar 1,1 miliar rupiah).”

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Weverse Con Festival 2024 yang diselenggarakan oleh platform komunitas penggemar Weverse dan HYBE, telah mengumunkan lineup lengkapnya! Sebanyak 24 artis K pop akan tampil di Inspire Entertainment Resort dari tanggal 15 hingga 16 Juni....
  • HOT !
    Girl grup PURPLE KISS secara resmi mengumumkan rencana mereka untuk menggelar tur konser bertajuk BXX mulai pertengahan tahun ini di 18 kota yang telah dikonfirmasi....
  • HOT !
    Tim produksi The Fiery Priest 2 sebelumnya telah mengumumkan bahwa Kim Nam Gil, Honey Lee dan Kim Sung Kyun kembali membintangi drama tersebut, bersama BIBI. Aktor Sung Joon juga dikonfirmasi bergabung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)