home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Riset Harvard Sebut Corona 'Harusnya' Sudah Masuk Indonesia, Begini Alasan Untuk Tidak Panik Menyikapinya

Senin, 10 Februari 2020 14:04 by reinasoebisono | 4818 hits
Riset Harvard Sebut Corona 'Harusnya' Sudah Masuk Indonesia, Begini Alasan Untuk Tidak Panik Menyikapinya
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Masyarakat riuh membahas hasil riset Universitas Harvard yang menyebutkan virus 2019-nCov atau yang lebih dikenal dengan virus corona seharusnya sudah menyebar di Indonesia. Hasil penelitian ini terbit di jurnal medRxiv dan sontak memicu keresahan.

Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof Amin Soebandrio, menanggapi hal ini mengatakan meski studi yang dilakukan berdasarkan keilmuan dan faktor-faktor yang mendukung, tetap saja itu hanyalah sebuah prediksi.

"Studi itu kan berdasarkan keahlian yang mereka miliki dalam membuat prediksi. Prediksi itu kan bukan sesuatu yang harus diikuti," kata Prof Amin.

Baca juga: Ada Puluhan Artis Korea Dinyatakan Positif COVID-19 Sepanjang 2021

Meski begitu, menurutnya riset yang dilakukan di Harvard University itu tetap bisa dipertanggungjawabkan. Namun Prof Amin juga menghimbau agar masyarakat tidak perlu panik karena tetap belum ditinjau atau dievaluasi oleh para ilmuwan lain.

"Iya bisa dipertanggungjawabkan, artinya mereka dalam publikasinya sudah menyebutkan faktor-faktor A, B, C, D. Artinya faktor-faktor yang mereka teliti itu adalah yang mereka kuasai dan mereka anggap itu tidak akan berubah-ubah," ucap Prof Amin.

"Prediksi itu kita pakai hanya untuk menambah kewaspadaan saja, bukan untuk menambah panik atau menjadi paranoid, namanya juga prediksi," imbaunya. "Kita harus menyikapi dengan cerdas prediksi itu,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)