home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penyelidikan Ungkap Gereja Ini yang Jadi Penyebaran Virus Corona di Korea Selatan

Jumat, 21 Februari 2020 12:41 by reinasoebisono | 1613 hits
Penyelidikan Ungkap Gereja Ini yang Jadi Penyebaran Virus Corona di Korea Selatan
Image source: Kumparan

DREAMERS.ID - Korea Selatan adalah salah satu negara di Asia yang terkena dampak virus corona atau Covid-19. Jumlah penderitanya pun dilaporkan melesat dengan cepat dengan toal ada 104 penderita di mana satu orang meninggal dunia.

Dari hasil penyelidikan, pusat penyebaran virus itu terjadi di dalam sebuah gereja di Kota Daegu. Ada 39 kasus positif virus corona di Daegu, kota yang terletak sekitar 200 kilometer dari Kota Seoul. Dan masih ada 90 orang jadi suspect setelah menunjukkan gejala virus corona.

Dan yang mengejutkan, semuanya adalah jemaah Gereja Yesus Shinciheonji cabang Daegu. Melansir Kumparan, sumber penyebarannya adalah seorang wanita berusia 61 tahun yang beribadah di gereja tersebut. Kala Misa digelar, wanita itu berada di tengah-tengah jemaat lainnya.


Image source: Kumparan

Wanita yang dikenal sebagai ‘Pasien 31’ ini sebenarnya sudah mengalami gejala pada 10 Februari namun dua kali menolak diuji virus corona sebelum akhirnya dinyatakan positif. Selama penolakan tersebut, setidaknya ia sudah empat kali menghadiri Misa di Gereja Yesus Shincheonji.

Baca juga: Ada Puluhan Artis Korea Dinyatakan Positif COVID-19 Sepanjang 2021

Memang belum diketahui bagaimana wanita itu awalnya tertular virus coron karena ia tidak baru bepergian ke Cina. Namun ia menulari setidaknya 37 jemaah gereja lalu kemudian menyebar keluar gereja.

Gereja Yesus Shincheonji adalah sebuah sekte Kristen yang didirikan oleh Lee Man-hee pada 1984 dan kini memiliki sekitar 200 ribu pengikut di Korsel. Lee mengklaim memiliki jubah Yesus Kristus yang bisa membawa dirinya dan para pengikutnya ke surga. Setelah penyebaran virus corona ini, Gereja Yesus Shincheonji menutup seluruh fasilitas mereka di seluruh Korsel. Mereka juga meminta maaf karena seorang jemaatnya menyebarkan virus corona.

Pemerintah Kota Daegu meminta 1.001 jemaat gereja tersebut untuk mengkarantina diri dan melapor jika mengalami gejala. Peristiwa ini juga menyebabkan Kota Daegu bak kota hantu karena 2.5 juta populasinya memutuskan tetap tinggal di rumah.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)