home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengulik Gereja Shincheonji, Tempat yang Diduga Jadi Awal Penyebaran Virus Corona di Korsel

Sabtu, 29 Februari 2020 09:00 by muthiasp | 27463 hits
Mengulik Gereja Shincheonji, Tempat yang Diduga Jadi Awal Penyebaran Virus Corona di Korsel
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Virus corona menyebar sangat cepat di Korea Selatan. Ratusan kasus baru ditemukan setiap harinya hingga menembus angka ribuan. Virus ini dicurigai bermula dari sebuah sekte gereja Shincheonji cabang Daegu, yang memiliki aturan aneh dalam mengatur jemaahnya.

Melansir laman CNN, pada pertengahan Januari 2020, ketika virus corona mulai menjalar di Cina tengah, ribuan anggota Shincheonji berkumpul untuk pertemuan tahunan di Gwacheon, tempat kelompok itu bermarkas, dekat Seoul. Kemudian, antara 31 Januari dan 2 Februari, sejumlah anggota yang tidak diketahui datang untuk menghadiri pemakaman saudara lelaki sang pendiri.

Media lokal melaporkan bahwa sebelum kematiannya pada tanggal 31 Januari, ia dirawat di Rumah Sakit Cheongdo Daenam, dekat Daegu, pusat wabah virus corona di Korea Selatan. Sejumlah kasus dan kematian virus corona yang telah dikonfirmasi tercatat dari rumah sakit yang sama.

Kemudian Shincheonji mulai dihubungkan dengan virus corona setelah seorang jemaah wanita usia lanjut awalnya sudah diminta untuk memeriksakan diri karena mengalami gejala virus corona. Namun ia menolak, dan bahkan tetap mengikuti misa yang diselenggarakan oleh sekte tersebut, setidaknya empat kali.

Penyebaran virus corona terjadi sangat cepat di kawasan Daegu, karena jemaah diminta untuk tidak takut akan penyakit. Dan selama misa berlangsung, jemaah tidak diperbolehkan menggunakan masker meski saat itu kasus virus corona sudah ramai diberitakan.

Baca juga: Susul Kabar Pacaran, Ari eks Tahiti Klarifikasi Rumor Hingga Isu Pengikut Shincheonji

Jemaah tidak boleh melewati satu misa pun meski sedang sakit, “Budayanya meskipun kamu sakit, kamu datang pada hari Minggu. Jika kamu sangat sakit kamu tidak bisa datang hari Minggu, kamu harus datang pada hari Senin atau Selasa. Kamu harus menebus waktu," kata Kim Duhyen, mantan anggota Shincheonji.

Sekitar 60% dari mereka yang terinfeksi adalah anggota Gereja Shincheonji Yesus, yang berbasis di Daegu, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea. Sebanyak 200 ribu jemaah Shincheonji pun akan menjalani pemeriksaan menyeluruh.

Gereja mengatakan akan bekerja sama dengan para pejabat selama identitas para anggotanya dirahasiakan, "Kami telah secara aktif bekerja sama dengan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus dan mengatasi wabah," kata Lee, menurut laporan terpisah AFP.

Gereja Shincheonji sendiri didirikan pada tahun 1984 oleh Lee Man-hee dan sekarang memiliki hampir 250.000 anggota, sebagian besar di Korea Selatan. Ajarannya secara eksplisit meramalkan akhir dunia, di mana hanya sedikit yang akan diselamatkan.

Kabarnya, anggota mereka meroket tajam selama sepuluh tahun terakhir karena merekrut orang-orang yang cenderung tidak percaya Tuhan, maupun sedang dalam masa terpuruk. Gereja Shincheonji juga disebut-sebut memiliki banyak cabang di negara-negara lain, termasuk di Wuhan.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)