home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pukulan Telak Di Tahun Berat Arab Saudi, Umrah Sepanjang 2020 Ditunda

Kamis, 05 Maret 2020 14:35 by reinasoebisono | 3036 hits
Pukulan Telak Di Tahun Berat Arab Saudi, Umrah Sepanjang 2020 Ditunda
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Dampak dari perkembangan penyebaran epidemi atau wabah virus corona (COVID-19) yang mulai bermunculan di berbagai negara, termasuk makin banyak di Arab Saudi, pemerintahnya memutuskan untuk menunda semua kegiatan Umrah.

Hal ini dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan, seperti yang dikemukakan oleh pemerintah Arab Saudi sebagaimana dikutip dari Channel News Asia via Tempo, Kamis (5/3).

"Penundaan ini bersifat temporer, berlaku untuk penduduk di Arab Saudi ataupun mereka yang datang berkunjung," ujar pemerintah Arab Saudi.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi juga mengindikasikan penundaan ibadah haji tahun ini. Dan jika itu terjadi juga, otomatis Arab Saudi tidak akan memiliki pendapatan dari sisi tersebut sepanjang tahun 2020.

Baca juga: Pakar Singgung Indonesia Punya ‘Super Immunity’ Soal Infeksi Corona Dibanding Singapura

Padahal dalam setahun, Arab Saudi bisa menerima hingga 18.3 juta jemaah yang datang untuk melaksanakan Umrah. Jika jutaan jemaah itu ebrkumpul di satu tempat dan satunya terindikasi tertular virus corona, maka penyebarannya sulit dihindarkan.

"Hal tersebut adalah langkah waspada yang bisa dipahami walaupun akan menimbulkan konsekuensi ekonomi," ujar Karen Young, akademisi dari American Enterprise Institute.

Karen turut menambahkan jika penundaan ibadah Umrah dan Haji ini akan jadi tahun yang berat untuk Arab Saudi. Pasalnya, Arab Saudi cukup bergantung pada sisi wisata religius tersebut untuk menutupi dampak dari penurunan harga minyak dunia. Hal ini diprediksi akan akan menurunkan pertumbuhan ekonomi Arab.

"Akan menjadi pukulan yang telak apabila wisata religius, yang merupakan bagian dari reformasi ekonomi Arab Saudi, terganggu," ujar Karen. Sebagai catatan, per hari ini, sudah ada dua kasus virus Corona (COVID-19) di Arab Saudi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)