home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fatwa MUI di Tengah Corona: Terkait Sholat Berjamaah Hingga Haram Borong Sembako dan Masker

Kamis, 19 Maret 2020 17:40 by muthiasp | 1404 hits
Fatwa MUI di Tengah Corona: Terkait Sholat Berjamaah Hingga Haram Borong Sembako dan Masker
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - MUI (Majelis Ulama Indonesia) turut mengambil langkah dalam mencegah penyebaran virus corona yang semakin meluas di tanah air. Fatwa baru dikeluarkan, termasuk terkait pelaksanaan sholat jumat hingga haram menimbun barang kebutuhan.

Dilansir dari laman detik (18/03), MUI mengeluarkan fatwa terkait ibadah sholat jamaah di masjid, seperti sholat jumat yang bisa diganti dengan sholat dzuhur, hingga sholat wajib dan tarawih di rumah.

"Dalam hal ia berada di suatu kawasan yang potensi penularannya tinggi atau sangat tinggi berdasarkan ketetapan pihak yang berwenang maka ia boleh meninggalkan salat Jumat dan menggantikannya dengan shalat zuhur di tempat kediaman, serta meninggalkan jamaah shalat lima waktu/rawatib, Tarawih, dan Ied di masjid atau tempat umum lainnya," tulis MUI.

Kemudian, MUI juga mengeluarkan fatwa yang mengharamkan penyebaran berita bohong atau informasi tidak benar alias hoax terkait virus corona, serta perilaku memborong kebutuhan pokok, serta masker.

"Waspada penting, tapi aktivitas yang menyebabkan kepanikan dengan cara memborong sembako, memborong masker, menyebar informasi yang terkait dengan covid-19, menyebabkan ketakutan orang tapi itu hoaks, itu hukumnya haram," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh, dalam konferensi pers di gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kamis (19/03), mengutip Tempo.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)