home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ajukan Banding, 'Dark Horse' Katy Perry Dinyatakan Bukan Plagiat

Kamis, 19 Maret 2020 17:20 by bellaevania | 767 hits
Ajukan Banding, 'Dark Horse' Katy Perry Dinyatakan Bukan Plagiat
Image Source: BreatheHeavy

DREAMERS.ID - Pada tahun lalu, lagu ‘Dark Horse’ yang dipopulerkan oleh Katy Perry divonis terbukti menjiplak lagu rap rohani milik rapper Flame alias Marcus Gray yang berjudul ‘Joyful Noise’.

Pada Senin (29/7/19), pengadilan Amerika Serikat menetapkan bahwa Katy Perry melanggar hak cipta karena meniru 8 not yang diyakini diambil dari lagu rap rohani Marcus Gray. Akibatnya saat itu Katy Perry dituntut untuk membayar ganti rugi sebesar USD$2,8 juta atau sekitar Rp 44 Miliar.

Namun pada Selasa (17/2/2020) kemarin, hakim membatalkan vonis pelanggaran hak cipta tersebut. Hasilnya bahwa potongan musik yang dipermasalahkan tidak cukup asli untuk menjamin perlindungan hak cipta.

Baca juga: Pernah Pacaran, Ini Pendapat John Mayer Soal Lagu Kolaborasinya dengan Katy Perry

"Dalam kasus ini tidak perlu dipersoalkan, bahwa elemen khas dari 8-not ostinato di 'Joyful Noise' ... bukan kombinasi yang unik atau autentik," ujar hakim Christina A. Snyder. Pernyataan hakim mengacu pada kesaksian saksi ahli, ahli musik Todd Decker.

Decker menyebut bahwa juri sebelumnya salah menanggapi nada yang diperdebatkan tersebut. "Kombinasi 8-nada yang relatif umum dari elemen-elemen yang tidak terlindungi yang kebetulan dimainkan dalam timbre yang umum untuk genre musik tertentu, tidak dapat menjadi orisinal untuk menjamin perlindungan hak cipta," tulisnya.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Kecintaan Lisa BLACKPINK terhadap supercar telah menarik perhatian banyak orang. Baru baru ini dalam video yang diunggah untuk merayakan ulang tahunnya, Lisa memperkenalkan mobil mewahnya....
  • HOT !
    Suho EXO telah menambahkan Jakarta sebagai salah satu kota tujuan untuk tur solo pertamanya! Pada 18 April, SM Entertainment mengumumkan bahwa ‘2024 SUHO CONCERT ASIA TOUR’ akan digelar di Jakarta pada 10 Agustus di Tennis Indoor Senayan....
  • HOT !
    V BTS, yang saat ini bertugas di Unit Ssangyong Korps ke 2 Angkatan Darat, menunjukkan penampilannya sebagai prajurit yang gagah melalui video promosi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)