home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Stay Relax and Drink Tea! Yuk Tenangkan Pikiran dengan Berbagai Jenis Teh Ini

Kamis, 26 Maret 2020 09:00 by fzhchyn | 649 hits
Stay Relax and Drink Tea! Yuk Tenangkan Pikiran dengan Berbagai Jenis Teh Ini
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Rasa panik dan cemas di tengah wabah virus corona ini bisa mempengaruhi kesehatan mentalmu lho! Karena itu, selain melakukan physical distancing, kita juga sebaiknya melakukan social media distancing untuk mengurangi asupan informasi terkait Covid-19.

Dibanding terus berkutat dengan smartphone dan media sosial, sebaiknya melakukan hal yang lebih membuat rileks, contohnya menyeruput secangkir teh hangat. Mengutip CNN, berikut adalah beberapa jenis teh yang bisa menenangkan pikiran dan juga tubuhmu.

1. Teh peppermint

Teh peppermint punya aroma yang bisa mengurangi stres dan meredakan rasa cemas, karena mentol pada peppermint adalah relaksan alami. Saat cemas dan tegang, mentol membantu kita untuk lebih tenang dan kalem. Untuk membuatnya, cukup seduh satu sendok makan teh dengan sekitar 200 mililiter air panas. Diamkan selama 3-4 menit sebelum disaring dan dinikmati.

2. Teh chamomile

Tanaman chamomile biasa dimanfaatkan bunganya untuk dijadikan teh.  Melansir dari Healthline, studi pada 2016 menemukan penggunaan chamomile dalam jangka panjang mengurangi gejala generalized anxiety disorder (GAD) sedang. Menyiapkan teh chamomile tidak sulit. Cukup rendam 3-4 sendok makan chamomile kering dengan sekitar 200 milliter air panas. Diamkan selama 5 menit.

3. Teh hijau

Teh hijau mengandung polifenol untuk melawan stres dan cemas. Namun di satu sisi, teh ini juga mengandung kafein untuk membuat kita tetap waspada dan tidak mengantuk. Studi pada 2017 membuktikan partisipan yang minum teh hijau mengalami kadar stres lebih rendah daripada mereka yang hanya mengonsumsi placebo. Untuk membuatnya, rebus setengah sendok makan serbuk teh hijau dalam satu cangkir air. Rebus hingga daun teh tersisa di dasar wadah.

4. Teh ginseng

Baca juga: 5 Jenis Makanan Ini Akan Menjadi Tren di Tahun 2021

Mungkin orang hanya menemukan ginseng pada ramuan obat herbal tradisional Korea. Namun ginseng juga hadir dalam bentuk teh. Pada 2013, studi menunjukkan teh ginseng bisa membantu tubuh melawan efek stres. Studi lain pun membuktikan ginseng bisa mengurangi rasa lelah.

5. Teh mawar

Khasiat lain bunga mawar ternyata bisa membantu meredakan stres dan cemas. Teh mawar bahkan bisa membantu kita tidur nyenyak. Kamu bisa membuat teh mawar sendiri dengan memanfaatkan bunga segar atau yang sudah dikeringkan. Untuk kelopak bunga yang sudah dikeringkan, cukup direndam pada air panas.

Sedangkan jika menggunakan kelopak bunga segar, cuci terlebih dahulu lalu masukkan ke dalam air mendidih. Setelah beberapa menit, matikan api dan diamkan selama 5-10 menit hingga kelopak mawar berubah gelap.

6. Teh lemon balm

Lemon balm (Melissa officinalis) merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga mint. Aromanya yang lembut dipadu aroma mint, mampu meredakan stres dan membuat tubuh rileks tanpa membuat ngantuk. Seduh satu sendok makan lemon balm kering dengan secangkir air panas untuk hasil terbaik.

7. Teh bunga markisa (passion flower)

Teh bunga markisa baik dijadikan obat alami untuk mengatasi stres dan cemas. Bunga ini mengandung komponen anticemas yakni flavone chrysin. Teh bunga markisa juga membantu tidur lebih nyenyak. Meski alami, sebaiknya hindari teh bunga markisa jika sedang menjalani pengobatan juga jika sedang hamil atau menyusui.

Untuk membuatnya, keringkan bunga terlebih dahulu. Bunga kering lalu direndam dalam secangkir air mendidih dan diamkan selama 10 menit.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)