home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

WHO Tidak Sarankan Penyemprotan Disinfektan Langsung ke Tubuh

Selasa, 31 Maret 2020 09:09 by Rie127 | 717 hits
WHO Tidak Sarankan Penyemprotan Disinfektan Langsung ke Tubuh
Image Source: Liputan6

DREAMERS.ID - Baru-baru ini di beberapa tempat khususnya di pintu masuk sebuah perusahaan, dan juga perumahan warga telah disediakan sebuah tempat atau bilik disinfektan untuk menyemprotkan cairan disinfektan ke tubuh.

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia atau (WHO) Indonesia memberi peringatan untuk menyemprotkan atau memakai cairan disinfektan langsung ke tubuh. Hal ini di khawatirkan karena kandungan dalam cairan disinfektan dapat berisiko bagi kesehataan.

“Menyemprot bahan-bahan kimia seperti itu dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir, contohnya mata dan mulut”. Tulis WHO dari akun Twitter resminya.

Baca juga: Tuai Kritikan, Donald Trump Katakan Bahwa Saran Suntik Disinfektan Hanya Sarkas

Bahan kimia tersebut, seperti alkohol dan klorin yang biasanya menjadi bahan dasar yang terdapat dalam cairan disinfektan, bahan ini juga dinilai ampuh untuk membunuh virus dan bakteri.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Laksana Tri Handoko, ia mengatakan bahwa terpapar cairan disinfektan yang berbahan dasar alkohol dan klorin dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mata.

Maka dari itu, Laksana menyarankan untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun adalah hal paling ampuh untuk mengusir virus yang menempel. Sedangkan, hand sanitizer hanya dipakai jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, seperti ketika berkendara, atau berada di kendaraan umum.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)