home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bersiap Warnai Isolasi Di Rumah dengan Memandang Super Pink Moon di Langit Cerah Besok!

Senin, 06 April 2020 19:00 by reinasoebisono | 1404 hits
Bersiap Warnai Isolasi Di Rumah dengan Memandang Super Pink Moon di Langit Cerah Besok!
Image source: India Today

DREAMERS.ID - Tahun 2020 ternyata disebut sebagai tahunnya fenomena supermoon atau bulan penuh. Karena hampir setiap bulan terjadi supermoon. Contohnya pad aFebruari lalu terjadi Super Snow Moon dan pada Maret terjadi Super Worm Moon.

Melansir Detik, besok pada Selasa (7/4) akan kembali terjadi super moon yang sangat unik, yaitu Super Pink Moon. Super moon ini disebut sebagai super moon terbesar, tercerah dan terbaik sepanjang tahun.

Super Pink Moon adalah bulan purnama yang terjadi di bulan April dan kebetulan bertepatan dengan titik tertentu di orbit bula yang membawa satelit bumi berada di jarak terdekat dengannya. Titik itu disebut perigee di mana posisi satelit bumi yaitu bulan berada di titik terdekat.

Hal inilah yang membuat bulan akan nampak lebih besar 14 persen dibandingkan ukuran yang biasanya terlihat dari Bumi. Bulan ini bisa dilihat di sebelah timur ketika bulan mulai muncul atau ketika matahari terbenam. Juga ketika bulan terbenam di sebelah barat alias ketika matahari terbit.

Nah, ketika bulan dekat denan cakrawala, masyarakat bisa melihat ukuran bulan yang lebih besar dan sinarnya juga lebih cerah. Lalu mengapa disebut Super Pink Moon? Pertama, kata ‘super’ merujuk pada posisi bulan yang ‘paling’ mendekati Bumi.

Sementara kata ‘pink’ disematkan untuk memperingati musim semi di mana bunga sakura yang berwarna pink mulai bermekaran. Karena itu, ketika fenomena langit ini terjadi, bukan berarti bulang sungguh berwarna pink. Namun masyarakat dapat melihat seolah berwarna perpaduan pink dari oranye pada saat bulan terbit atau ketika matahari tenggelam.

fenomena Super Pink Moon ini ternyata juga dihubungkan dengan perayaan Paskah. Paskah merupakan peringatan kebangkitan Yesus yang dirayakan umat Kristiani. Selain disebut Super Pink Moon, fenomena bulan purnama di bulan April juga kerap disebut sebagai Paschal Moon atau Bulan Paskah yang digunakan gereja untuk menentukan tanggal Paskah. Secara tradisional, Paskah diadakan pada Minggu pertama setelah bulan purnama pertama atau setelah titik balik musim semi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)