home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menyantap Mie Hitam Jajangmyeon Khas Korea Sambil Merayakan Black Day

Selasa, 14 April 2020 16:00 by dodo07 | 764 hits
Menyantap Mie Hitam Jajangmyeon Khas Korea Sambil Merayakan Black Day
Image source: wordpress

DREAMERS.ID - Pernahkah kamu mendengar istilah ‘Black day’? Selain Valentine Day dan White Day, Korea Selatan ternyata juga punya hari perayaan lainnya yang populer dan kerap dirayakan yaitu Black Day. Perayaan ini biasanya dirayakan setiap tanggal 14 April.

Berbeda dari dua perayaan sebelumnya yang dirayakan dengan pasangan, Black day justru dirayakan oleh orang yang single. Sesuai dengan namanya, saat Black Day dirayakan orang yang belum memiliki pasangan dengan menggunakan pakaian serba hitam dan menyantap semangkuk mie hitam atau dikenal dengan nama Jajangmyeon.

Melansir berbagai sumber, Jajangmyeon sendiri berasal dari kata jajang yang berarti saus goreng dan kata myeon yang bererati mi. Mie untuk Jajangmyeon adalah jenis mie tebal yang terbuat dari tepung gandum. Salah satu ciri khas dari makanan ini adalah warna hitam sebagai sausnya yang didapat dari saus pasta kacang kedelai hitam.

Meski tak jelas kapan dan dari mana munculnya tren menyantap makanan ini saat Black Day, namun banyak orang yang menganggap jika Jajangmyeon adalah makanan yang dinilai paling sesuai untuk mempresentasikan ‘semangat’ perayaan tersebut. Dimulai dari warna sausnya yang coklat kehitaman jelas cocok dengan nama Black Day itu sendiri.

Baca juga: Restoran Jjamppong No. 1 dari Korea, Ebiga Jjamppong Hadir di Indonesia

Selain kecocokan warna, ada juga keselarasan nilai dalam semangkuk Jajangmyeon dan kesendirian, dimana makanan ini diketahui merupakan makanan yang paling sering dimakan oleh mereka yang tinggal sendiri di Korea Selatan. Selain harganya yang sangat murah, delivery service-nya juga sangat cepat dan ada di mana-mana.

Meskipun Black Day kerap dinilai sebagai suatu hari yang ‘menyedihkan’ bagi orang-orang yang belum memiliki kekasih, nyatanya banyak pula yang beranggap jika hari ini memiliki makna yang apik. Pasalnya, banyak orang yang belum memiliki pasangan saling berkumpul sambil menikmati kebersamaan dengan menyantap mie hitam yang lezat tersebut .

Apa kalian juga ikut merayakan Black Day?

(ddo)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)