home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tembus 4 Juta Pelamar! Harus Lakukan Ini Agar Uang Kartu Prakerja Cair

Selasa, 14 April 2020 18:45 by reinasoebisono | 1747 hits
Tembus 4 Juta Pelamar! Harus Lakukan Ini Agar Uang Kartu Prakerja Cair
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Penerapan sistem kartu prakerja telah ditetapkan sejak 4 hari lalu dan antusias yang didapatkan luar biasa dengan 4 juta pendaftar programnya. Hal ini dikonfirmasi oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari.

"Untuk program prakerja sejak dirilis (4 hari lalu) telah terdaftar empat juta orang melalui situs resmi www.prakerja.go.id," kata Denni dalam konferensi pers di Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (14/4).

Melansir CNN Indonesia, Denni mengatakan hasil pendaftaran gelombang pertama akan diumumkan sehari stelah tenggat waktu, yaitu Jumat (17/4). Jika belum diterima pada gelombang pertama, pendaftar bisa otomatis bergabung di gelombang kedua dan tidak perlu mengulang proses dari awal.

Pemerintah bekerja sama dengan beberapa platform digital, seperti Tokopedia, Ruang Guru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, dan Pijar. Sementara, untuk pembayaran uang insentif bisa dilakukan melalui BNI, OVO, Gopay, dan Link Aja.

Baca juga: Tak Bisa Sembarangan dan Bisa Dipidana, Jokowi Teken Aturan Baru Kartu Pra Kerja

Setiap peserta akan mendapatkan total insentif bantuan pelatihan sebesar Rp3,55 juta. Dana itu terdiri dari biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif pasca pelatihan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp50 ribu untuk tiga kali. Denni mengungkap uang insentif bagi penerima manfaat kartu prakerja akan ditransfer ketika pelatihan sudah rampung.

"Setelah pelatihan dituntaskan kami akan transfer. Bukan tunai. Tapi ke rekening bank atau e-wallet yang dipilih. Silahkan pilih ovo, link aja, gopay atau rekening bank," paparnya.

Namun tentu ada syarat yang harus dipenuhi agar uang insentif itu cair bagi penerima manfaat kartu prakerja. Yaitu, ketika peserta menyelesaikan pelatihan. Denni pun menegaskan pihaknya tidak akan mengurangi satu rupiah pun karena diharapkan uang insentif ini menjadi social safety net untuk meringankan beban pekerja terdampak virus corona.

"Setelah pelatihan dituntaskan kami akan transfer. Bukan tunai. Tapi ke rekening bank atau e-wallet yang dipilih. Silahkan pilih OVO, LinkAja, Gopay atau rekening bank," paparnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)