home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Di Tempat Inilah Medan Pertempuran Baru Cina Melawan Corona Dimulai

Rabu, 15 April 2020 19:02 by reinasoebisono | 943 hits
Di Tempat Inilah Medan Pertempuran Baru Cina Melawan Corona Dimulai
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Wuhan di Cina yang jadi lokasi pertama kali ditemukannya virus corona atau COVID-19 memang telah resmi mengakhiri lockdown yang telah dijalankan selama 76 hari untuk menekan penyebaran virus corona pada 8 April lalu.

Namun ada beberapa pihak, bahkan Presiden Xi Jinping yang mengingatkan jika Cina bisa menghadapi fase kedua virus corona. Dan memang, perang melawan virus corona belum usai dan kemenangan belum bisa dirayakan karena Cina menghadapi tantangan baru dengan adanya kenaikan tajam jumlah infeksi baru.

Dalam beberapa hari terakhir, angka infeksi baru merangkak naik menjadi 108 kasus pada Minggu (12/4) di antaranya berasal dari warga Cina yang kembali dari luar negeri. Dan ternyata lebih dari setengahnya masuk ke Cina dari Vladivostok, Rusia.

Mereka masuk ke Provinsi Heilongjiang, di China timur laut, melalui kota perbatasan Suifenhe. Kawasan ini sekarang seakan menjadi medan pertempuran baru melawan wabah virus corona. Kota ini menjadi pintu masuk warga Cina yang pulang dari Rusia.

Baca juga: Ada Puluhan Artis Korea Dinyatakan Positif COVID-19 Sepanjang 2021

Jumlah penduduknya berkisar 100.000 jiwa dan terhubung dengan Rusia melalui jalur kereta dan mobil. Pada Rabu (08/04) pekan lalu misalnya, China melaporkan kasus baru yang berasal dari luar negeri sebanyak 59, 25 di antaranya diketahui terdeteksi di Suifenhe. Kasus semacam ini dinamakan kasus impor karena penularan berasal dari luar negeri, bukan penyebaran sesama warga di dalam suatu daerah.

Kasus impor lain yang diumumkan adalah 66 kasus virus corona yang dialami oleh 66 warga China yang baru saja kembali dari Rusia melalui Manzhouli, kota di kawasan otonomi Mongolia Dalam yang juga dikenal sebagai pintu masuk dari Rusia. Di luar itu, 60 orang yang tiba dari Shanghai dari Rusia melalui jalur udara pada hari Jumat (10/04) juga terinfeksi virus corona.

"Tentu saja saya takut ... sekarang kami tak berani keluar rumah. Banyak yang sudah pergi meninggalkan kota. Tapi kami tak bisa, karena kami harus menjaga toko milik kami," ujar seorang warga Suifenhe kepada BBC via Detik.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)