home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hindari Mata Lelah Akibat Sering Menatap Layar dengan Cara Mudah Ini

Selasa, 21 April 2020 11:00 by fzhchyn | 2243 hits
Hindari Mata Lelah Akibat Sering Menatap Layar dengan Cara Mudah Ini
Image source: Big Hit Entertainment

DREAMERS.ID - Di masa karantina mandiri seperti saat ini, intensitas menggunakan gadget seperti laptop dan smartphone menjadi lebih sering. Tahukah kamu jika kita menghabiskan waktu paling sedikit 2 jam per hari untuk menatap layar ponsel, maka kita sudah ‘memaksa’ diri untuk membuat mata lelah secara digital.

Kelelahan mata secara digital adalah rasa sakit dan lelah pada mata yang terjadi setelah menatap layar gadget yang memicu pada mata merah, tegang, bahkan sakit bahu dan kepala. Dikutip laman Womens Health Mag, The Vision Council, sebuah grup nonprofit yang mewakili industri optik merilis laporan mengenai mata lelah secara digital ini.

Laporan tersebut menemukan bahwa 93% dari manusia yang sering menatap layar gadget setiap harinya berada dalam risiko tersebut. Hal itu bisa dirasakan saat pandangan menjadi kabur saat mengalihkan pandangan dari layar gadget setelah berjam-jam.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

“Saat kita menatap layar, kita hanya sedikit berkedip dibandingkan saat melihat sekeliling ruangan atau membaca buku, dan itu membuat mata menjadi kering dan meningkatkan kelelahan,” kata Cristina Schnider, O.D seorang ahli mata dan direktur senior komunikasi profesional untuk Johnson & Johnson Vision Care, Inc.

Jadi bagaimana untuk membuat penglihatan tetap aman tanpa harus menghindari gadget? Yaitu dengan mengambil istirahat secara teratur. “Setiap 10 atau 20 menit, biasakan untuk mengalihkan pandangan dari layar dan temukan suatu objek yang jauh untuk difokuskan. Hal itu akan membuat pola berkedip kembali normal dan mengembalikan kelembaban mata,” kata Schnider.

The Vision Council menyebutnya aturan 20-20-20, yang artinya setiap 20 menit, alihkan pandangan dari layar selama 20 detik pada sesuatu sejauh 20 kaki.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)