home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kata Ahli Soal Saran 'Gila' Trump Suntikkan Disinfektan Guna Mengobati Paru-paru Terinfeksi Corona

Jumat, 24 April 2020 15:08 by reinasoebisono | 1255 hits
Kata Ahli Soal Saran 'Gila' Trump Suntikkan Disinfektan Guna Mengobati Paru-paru Terinfeksi Corona
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberikan saran yang sontak jadi pembicaraan masyarakat dunia untuk menginjeksi disinfektan ke pasien sebagai langkah pengobatan virus corona atau COVID-19.

Pernyataan ini keluar setelah Bill Bryan, pejabat Departemen Keamanan Dalam Negeri dan ketua Departemen Sains dan Teknologi memberikan presentasi tentang penelitian timnya yang menunjukkan virus tidak hidup selama dalam suhu lebih hangat dan lebih lembab.

"Saya melihat disinfektan bisa merobohkan (virus Corona) dalam satu menit. Ada cara kita bisa melakukan hal yang sama seperti itu dengan menyuntikkannya (disinfektan) ke dalam tubuh untuk membersihkannya," sebut Trump dikutip dari NBC News.

Secara logika, disinfektan memang bisa dan digalakkan untuk menghilangkan virus, termaduk COVID-19 sebagai penggunaan luar. Senada dengan seorang pejabat kesehatan senior yang kemudian mengatakan jika laboratorium federal tidak mempertimbangkan atau mencoba mengembangkan pilihan perawatan semacam itu.

Baca juga: Pakar Singgung Indonesia Punya ‘Super Immunity’ Soal Infeksi Corona Dibanding Singapura

Juga, Robert Reich, seorang profesor kebijakan publik di University of California di Berkeley mengatakan melalui akun sosial media miliknya bahwa saran yang disebutkan oleh Trump sangat berbahaya.

"Briefing Trump secara aktif membahayakan kesehatan masyarakat. Boikot propaganda. Dengarkan para ahli. Dan tolong jangan minum desinfektan," kata Reich.

Masalahnya, Presiden Trump telah berulang kali menggembar-gemborkan perawatan ‘gila’ yang tidak terbukti selama briefing COVID-19. Sebelumnya, hydroxychloroquine sebagai 'game changer' yang potensial dalam pertempuran melawan virus Corona, namun para tenaga medis sangat menentangnya.

Terlebih saat pria di Arizona meninggal pada Maret lalu setelah mengonsumsi klorokuin dan percaya akan melindunginya dari terinfeksi COVID-19. Istri pria itu mengatakan kepada NBC News bahwa dia telah menonton briefing yang disiarkan televisi di mana Trump berbicara tentang manfaat potensial klorokuin.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)