home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sosok Nadhira Nuraini Afifa, Lulusan Harvard Asal Indonesia yang Sangat Menginspirasi

Senin, 08 Juni 2020 11:45 by muthiasp | 36008 hits
Sosok Nadhira Nuraini Afifa, Lulusan Harvard Asal Indonesia yang Sangat Menginspirasi
Image source: @nadhiraafifa

DREAMERS.ID - Nama Nadhira Nuraini Afifa belakangan menjadi perbincangan hangat karena prestasinya yang luar biasa di bidang akademik. Ia terpilih menjadi student speaker mewakili angkatannya yang lulus dari Harvard School of Medicine tahun 2020, melalui wisuda online.

Sebelum menempuh pendidikan master di Department of Global Health and Population, Harvard T.H. Chan School of Public Health, Nadhira merupakan lulusan fakultas kedokteran Universitas Indonesia. Kemudian, ia lolos beasiswa LDPD (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) ke Harvard.

 

Nadhira dibesarkan oleh ibu yang berasal dari keluarga petani dengan 11 saudara. Sang ibu yang menjadi inspirasinya untuk terus bercita-cita tinggi. Dalam pidatonya, ia mengatakan, "Mama mengajarkan saya pelajaran penting dalam hidup: Bermimpilah tinggi, karena satu-satunya batasan kita adalah pikiran kita".

Nadhira yang lulus dari konsentrasi Nutrisi melalui berbagai tahap, mulai dari seleksi tertulis sampai video, hingga bimbingan dari dosen di Harvard, untuk akhirnya bisa menjadi wakil dari angkatannya berpidato di momen wisuda online.

 

Menurutnya, jurusan Kesehatan Masyarakat memberi kita hak istimewa untuk menyelamatkan kehidupan jutaan orang dan meningkatkan kesehatan serta umur panjang generasi sekarang dan generasi yang akan datang. "Hanya melalui Kesehatan Masyarakat kita dapat melihat sekarang seluruh negara melupakan perbedaan mereka dan mengumpulkan sumber dayanya," ujarnya.

 

Nadhira diketahui ikut dalam beragam proyek yang berhubungan dengan anak-anak kekurangan gizi, terutama stunting di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Awal tahun ini, dia berkesempatan mengunjungi Tanzania untuk menangani masalah gizi buruk di kalangan remaja sekolah di Kota Dodoma bersama beberapa mahasiswa Harvard lainnya.

 

Jika dilihat dari Instagram pribadinya, Nadhira punya hobi travelling ke berbagai tempat di Indonesia maupun luar negeri. Ia juga aktif mengikuti acara-acara penting seperti Congress Indonesian Diaspora di Jakarta. Sepertinya Nadhira juga penyuka musik K-Pop nih. Well, congrats Nadhira!

 

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)