home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mal di Jakarta Kembali Dibuka 15 Juni, Patuhi Protokol Kesehatannya

Kamis, 11 Juni 2020 14:15 by fzhchyn | 620 hits
Mal di Jakarta Kembali Dibuka 15 Juni, Patuhi Protokol Kesehatannya
Image source: Media Indonesia

DREAMERS.ID - Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta sudah dijalankan sejak 8 Juni lalu, dengan perkantoran dan beberapa ruang publik yang mulai beroperasi. Gubernur Anies Baswedan juga memutuskan untuk membuka kembali pusat perbelanjaan atau mal di ibu kota mulai 15 Juni.

Pembukaan sektor-sektor usaha akan dibuka secara bertahap dan harus menerapkan protokol kesehatan ketat. Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman memastikan sejumlah protokol kesehatan yang mesti diimplementasikan pengelola mal. Pertama, harus memiliki kapasitas lahan parkir luas dan akses publik yang memadai.

"Mal yang dibuka hendaknya berada di zona aman (hijau), memiliki kapasitas parkir luas dan juga akses public memadai. Selain itu, pembukaan gerai harus bertahap, utamakan yang menyangkut kebutuhan dasar masyarakat dulu seperti yang menyediakan bahan makanan, resto, dan keperluan harian," kata Dicky, mengutip CNN Indonesia, Kamis (11/6). "Area food court ditutup dulu dan hanya take away," sambungnya.

Baca juga: Mal-mal Legendaris Tutup, Ini Triple Combo Perkiraan Penyebabnya

Ketiga, pengelola gerai perlu memastikan tempat usahanya telah memberikan informasi yang memadai terkait protokol kesehatan seperti pengunjung diimbau untuk jaga jarak. Keempat pada bagian kasir harus  dipasang pelindung tair (plexi glass) dan di pintu masuk gerai, tempatkan petugas untuk mengatur kapasitas pengunjung.

Kelima, setiap pengunjung mal wajib menggunakan masker dan tidak bergerombol lebih dari tiga orang, dan jangan lupa untuk selalu menjaga jarak. "Bagus bila skrining suhu saat masuk. Lansia dan anak di bawah 12 tahun, saya tidak sarankan ke mal dulu," pungkas Dicky.

Selain itu, Anies menyebut taman rekreasi, baik dalam ruangan maupun luar ruangan, baru bisa beroperasi pada 20 atau 21 Juni. Ia juga mengingatkan kapasitas tamu di tempat-tempat fasilitas umum harus dikurangi setengah dari kapasitasnya dengan tetap menerapkan social distancing.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)