home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rasisme dalam Bermusik, Grammy Awards Ubah Empat Kategori

Sabtu, 13 Juni 2020 11:00 by bellaevania | 664 hits
Rasisme dalam Bermusik, Grammy Awards Ubah Empat Kategori
Image Source: Wikipedia

DREAMERS.ID - Penyelengara Grammy Awards, Recording Academy mengumumkan akan melakukan perubahan pada perhelatan Grammy Awards ke-63 yang akan diselenggarakan pada 31 Januari 2021.

Sehubungan dengan gerakan anti rasisme Black Lives Matter yang massif, Recording Academy akan memperbaharui empat kategori ‘urban’ yang secara historis kental dengan musisi berkulit hitam.

Kategori Best Urban Contemporary Album diubah menjadi Best Progressive R&B Album. Tahun lalu kategori ini dimenangkan oleh Lizzo lewat albumnya ‘Cuz I Love You’. Kategori ini juga pernah dimenangkan penyanyi berkulit hitam lainnya yakni Beyonce, The Weeknd dan Pharrell Williams.

Selain itu kategori Best Rap/Sung Performance menjadi Best Melodic Rap Performance. Sementara kategori Latin Pop Album menjadi Best Latin Pop Or Urban Album, dan kategori Latin Rock menjadi Best Latin Rock Or Alternative Album.

Baca juga: Ketujuh Member BTS Ajukan Karya Solo Masing-masing untuk Nominasi GRAMMY Tahun Ini

Rasisme dalam bermusik pernah disampaikan rapper Tyler, The Creator saat menerima penghargaan Best Rap Album di Grammy Awards. Ia mengomentari sejarah Grammy yang selalu menempatkan musisi kulit hitam di kategori ‘urban’.


Tyler, The Creator/Image ource: XXL Mag

“Sangat menyebalkan setiap kali kita-maksudku orang-orang yang mirip denganku (berkulit hitam melakukan berbagai genre, tapi mereka selalu memasukkannya ke dalam kategori rap atau urban,” kata Tyler.

“Ketika aku mendengar itu, aku bertanya mengapa kita tidak bisa masuk Pop? Sebagian dari diriku merasa nominasi rap hanya pujian sindiran. Seperti sepupu kecilku yang ingin bermain game, ‘beri dia kontrol game yang tidak terhebung dengan listrik sehingga dia bisa diam dan merasa senang’,” jelasnya.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Tanggal 19 April 2023 menjadi hari penuh duka bagi ASTRO dan AROHA (fandomnya). Hari itu, Moonbin ditemukan meninggal dunia di rumahnya....
  • HOT !
    Parc Jae Jung mengumumkan tanggal wajib militernya melalui Instagram pribadinya. Selain itu, ia mengungkapkan rencana untuk lagu baru sebelum menjalani tugas negara tersebut....
  • HOT !
    Apink dipastikan tampil di ‘Knowing Bros’ untuk pertama kalinya dalam enam tahun. Episode yang menampilkan girl group ini dijadwalkan tayang pada 27 April mendatang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)