home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perempuan Disarankan Periksa Gangguan Cemas Sejak Usia 13 Tahun, Ini Alasannya

Selasa, 30 Juni 2020 12:15 by Rie127 | 1534 hits
Perempuan Disarankan Periksa Gangguan Cemas Sejak Usia 13 Tahun, Ini Alasannya
Image Source: Kumparan

DREAMERS.ID - Baru-baru ini terdapat sebuah studi dari Women's Preventive Services Initiative (WPSI) yang dipublikasikan di jurnal Annals of Internal Medicine mengungkapkan bahwa perempuan disarankan untuk melakukan screening atau mendeteksi gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Hal ini dapat dilakukan lebih awal, yaitu sejak usia 13 tahun. Screening ini juga bertujuan untuk mencegah gangguan kecemasan di masa depan, hal ini dikarenakan perempuan lebih memiliki risiko mengalami gangguan kecemasan dibandingkan dengan laki-laki.

Hal ini dikarenakan perempuan lebih mungkin mengalami kecemasan, dimulai dari faktor biologis, stres hingga pelecehan seksual. Remaja perempuan juga banyak menyimpan ekhawatiran, seperti soal penampilan, sekolah, dan media sosial.

Baca juga: Deretan Idol K-pop yang Pernah Hiatus karena Gangguan Kesehatan Mental

Gangguan kecemasan dapat terjadi pada masa kanak-kanak, dengan usia rata-rata 11 tahun dan dapat berkembang pada pertengahan masa dewasa. Namun, pada umumnya, gangguan kecemasan tersebut akan menurun pada usia sekitar 60 tahun.

Menurut WPSI dan berdasarkan tinjauan pada 171 studi, screening atau mendeteksi lebih awal gangguan kecemasan di usia muda dapat memberikan banyak manfaat. Dimulai dari gejala yang membaik dan tingkat kekambuhan yang menurun setelah melakukan terapi psikologis.

“Tujuan dari rekomendasi ini adalah untuk meningkatkan deteksi gangguan kecemasan pada remaja perempuan dan dewasa melalui screening untuk mencapai diagnosis awal jenis kecemasan spesifik dan kondisi yang terjadi, memulai pengobatan yang tepat, dan meningkatkan kesehatan, fungsi, dan kesejahteraan”, rekomendasi dari WPSI dikutip dari CNN.

Gangguan kecemasan sendiri merupakan kondisi mental yang ditandai dengan rasa khawatir berlebihan dan tidak terkendali. Gangguan ini termasuk gangguan kecemasan umum, gangguan panik, gangguan kecemasan sosial, atau sekolah.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)