home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Gunakan Hand Sanitizer Jika Konsumsi Obat Disulfiram

Senin, 13 Juli 2020 15:45 by Rie127 | 4689 hits
Jangan Gunakan Hand Sanitizer Jika Konsumsi Obat Disulfiram
Image Source: Suara

DREAMERS.ID - Walaupun untuk pemakaian luar, hand sanitizer ternyata dapat menimbulkan reaksi alergi jika dibarengi dengan mengonsumsi obat untuk mengatasi ketergantungan alkohol.

Hal ini berawalan dari sebuah laporan kasus yang diterbitkan dalam jurnal Alcohol and Alcoholism edisi Juli 2020,seorang pria dilaporkan mengalami gejala alergi seperti kemerahan pada kulit, mual, dan rasa gelisah setelah mengaplikasikan hand sanitizer di tangan.

Saat dilarikan ke UGD, pria tersebut mengalami detak jantung yang cepat bersama dengan munculnya tanda kemerahan di bagian dada serta wajah. Setelah menjalani pemeriksaan, ternyata hal tersebut disebabkan oleh disulfiram.

Reaksi alergi itu kemudian meredam setelah satu jam perawatan di UGD. Dokter menyarankan agar pria tersebut berhenti mengonsumsi disulfiram atau menghindari penggunaan hand sanitizer.

Baca juga: Dapat Menularkan COVID-19, 7 Benda Ini Harus Lebih Diperhatikan

“Setelah berkonsultasi, diputuskan bahwa pria tersebut harus berhenti mengonsumsi disulfiram,” ujar salah seorang penulis laporan, Avinash De Sousa, psikiater yang menangani pria tersebut.

Disulfiram sendiri merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi penyalahgunaan alkohol. Dilansir dari Live Science, pria berusia 43 tahun itu diketahui telah mengonsumsi disulfiram selama tiga tahun belakangan.

Mengonsumsi disulfiram pada umumnya dapat menyebabkan efek samping selama satu jam setelah diminum, seperti kemerahan pada kulit, sakit kepala, mual, muntah, dan detak jantung yang cepat. Efek samping tersebut bekerja untuk mencegah pasien kembali mengonsumsi alkohol.

Orang yang mengosumsi disulfiram dilarang untuk memakai produk yang mengandung alkohol, termasuk hand sanitizer yang biasa mengandung 60-70% alkohol karena dapat memicu reaksi alergi.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)