home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selain Hujan Deras, Banjir Korsel Dilaporkan Kiriman dari Korea Utara

Jumat, 07 Agustus 2020 12:15 by muthiasp | 806 hits
Selain Hujan Deras, Banjir Korsel Dilaporkan Kiriman dari Korea Utara
Image source: Yonhap

DREAMERS.ID - Setelah diusut, banjir bandang di Korea Selatan tidak hanya disebabkan karena curah hujan yang sangat tinggi, tetapi juga kiriman dari Korea Utara yang diam-diam membuka bendungan.

Pada 4 Agustus, dilaporkan bahwa Korea Utara mengeluarkan air dari bendungan perbatasan tiga kali tanpa memberi tahu Korea Selatan, yang bertentangan dengan kesepakatan antar-Korea.

Pyongyang membuka sebagian pintu air di Bendungan Hwanggang, 42 kilometer utara perbatasan barat dengan Korea Selatan, mengalirkan air ke Sungai Imjin pada hari Senin (3/8) yang membuat air di kawasan Provinsi Gyeonggi Utara Korsel naik.

Dalam kunjungannya ke Bendungan Bunnam di hilir Bendungan Hwanggang Korea Utara, Presiden Moon Jae In menyatakan kekesalannya atas Korea Utara yang tidak memberi tahu Korea Selatan tentang pembuangan air dari bendungannya di utara perbatasan antar-Korea.

Baca juga: Bakal ‘Lawan’ Negaranya Sendiri, Ini 3 Pemain Timnas Korsel yang Kata STY Paling Berbahaya

"Jika Korea Utara memberi tahu kami tentang rencana pembuangan, itu akan sangat membantu kami mengendalikan ketinggian air di bendungan pengendali banjir Gunnam, tetapi sayang sekali hal ini tidak terjadi," kata Moon kepada pejabat manajemen sumber daya air.

Moon Jae In menyebut bahwa kedua belah pihak sepakat di masa lalu untuk berbagi informasi semacam itu, tetapi kesepakatan itu belum dilaksanakan.

Sebagai pencegahan hal ini berulang, presiden mengingatkan agar Korea Selatan perlu lebih aktif memeriksa laporan cuaca dengan hati-hati dan merencanakan ke depan untuk mengantisipasi pelepasan air tanpa peringatan.

"Sangat penting bahwa tidak ada kerusakan di hilir sehingga operator bendungan kami perlu bekerja sama dengan Kabupaten Yeoncheon dan Kota Paju," ujarnya.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)