home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korsel Sebut Gelombang Kedua COVID-19 Lebih Mengkhawatirkan karena OTG

Kamis, 13 Agustus 2020 17:15 by muthiasp | 469 hits
Korsel Sebut Gelombang Kedua COVID-19 Lebih Mengkhawatirkan karena OTG
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Korea Selatan tengah menghadapi gelombang kedua pandemi COVID-19 atau corona. Berdasarkan pihak berwenang setempat, krisis yang dihadapi lebih besar sekarang daripada pada awal Mei karena penyebaran diam-diam secara bersamaan di wilayah metropolitan Seoul.

Belakangan ini, penularan yang terjadi adalah terkait dengan pertemuan kecil di gereja, sekolah, dan restoran di seluruh negeri. Hal itu membuat pihak berwenang kesulitan melacak kontak dan rantai penularan, dibanding saat klusternya masih hanya di wilayah Itaewon, Seoul.

Selain itu, banyaknya OTG atau Orang Tanpa Gejala salah satu yang mengkhawatirkan juga, "Sekarang, kami melihat tanda-tanda bahwa kasus tanpa gejala atau dengan gejala ringan, tidak terdeteksi untuk beberapa waktu, mungkin telah menyebar secara diam-diam di komunitas lokal".

"Hal itu menyebabkan wabah simultan terkait dengan gereja, penjualan dari pintu ke pintu, tempat kerja, pasar dan sekolah, terutama di wilayah metropolitan Seoul,” kata Kwon Jun-wook, wakil direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea.

Baca juga: Korea Selatan Resmi Larang Penjualan Daging Anjing Yang Sudah Dilakukan Beradab-Abad

Menurutnya, pembatasan pada kehidupan normal sehari-hari masyarakat dan memperketat aturan jarak sosial akan kembali diperketat jika situasi terus memburuk.

Kekhawatiran meningkat menjelang Hari Kemerdekaan Korea, yang jatuh pada hari Sabtu (15/8), karena diprediksi lebih banyak orang berkumpul dan berkegiatan untuk menikmati libur panjang akhir pekan. Reli skala besar juga dijadwalkan di pusat kota Seoul.

Pada Kamis (13/8), Korea Selatan melaporkan 56 kasus infeksi baru yaitu 25 di Seoul, 16 di sekitar Provinsi Gyeonggi, 2 di Busan, dan 9 sisanya impor. Kluster baru ditemukan di cabang Lotteria di timur Seoul, serta gereja dan panti jompo.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)