home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Studi di Belanda Temukan Antibodi Virus Corona Dalam ASI

Senin, 24 Agustus 2020 18:45 by Rie127 | 604 hits
Studi di Belanda Temukan Antibodi Virus Corona Dalam ASI
Image Source: HaloDoc

DREAMERS.ID - Studi terbaru di Amsterdam, Belanda menemukan adanya antibodi infeksi virus corona dalam ASI perempuan menyusui yang sembuh dari Covid-19. Studi ini membuat lebih dari 5.000 ibu menyusui langsung ingin mendonorkan ASI mereka.

Penelitian ini dilakukan oleh Rumah Sakit Anak Emma UMC, Amsterdam yang bekerja sama dengan Bank ASI Belanda dan Utrecht University. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa antibodi yang berhasil melawan virus corona terdapat pada ibu menyusui.

Antibodi tersebut bahkan masih bertahan di dalam ASI setelah dipasteurisasi atau dipanaskan untuk membunuh bakteri. Penelitian ini juga menyebutkan bahwa ASI dapat dikonsumsi orang lain setelah dipasteurisasi. Peneliti mengklaim, antibodi di dalam ASI efektif membunuh virus corona.

Baca juga: Ada Puluhan Artis Korea Dinyatakan Positif COVID-19 Sepanjang 2021

“Setelah meminum susu, antibodi menempel pada permukaan selaput lendir. Di sana mereka menyerang partikel virus sebelum memasuki tubuh,” kata peneliti yang juga merupakan kepala Rumah Sakit Anak Emma Hans van Goudoever, dikutip dari NL Times.

Meskipun demikian, Goudoever menyatakan, dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk dapat menggunakan ASI secara luas untuk menangani Covid-19. Saat ini, Goudoever mengatakan rumah sakitnya sedang mengajak para perempuan untuk menyumbangkan ASI agar dapat melakukan penelitian lanjutan.

Diperkirakan, diperlukan sekitar 1.000 pendonor, termasuk perempuan yang tidak terinfeksi Covid-19 ataupun terinfeksi tanpa gejala. Hingga saat ini, warga Belanda menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap penelitian ini.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)