home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penerbangan Mulai Dibuka, Studi Temukan Penularan COVID-19 di Pesawat

Kamis, 27 Agustus 2020 15:15 by Rie127 | 9340 hits
Penerbangan Mulai Dibuka, Studi Temukan Penularan COVID-19 di Pesawat
Image Source: Klik Dokter

DREAMERS.ID - Beberapa maskapai penerbangan sudah memulai membuka kembali jadwal penerbangan. Hal ini tentunya membuat beberapa masyarakat sudah mulai mempersiapkan diri untuk melakukan travelling.

Namun, dilansir dari CNN Indonesia, peneliti menemukan adanya kemungkinan penularan virus corona di dalam pesawat. Hal ini juga ditemukan dalam sebuah studi kasus dari seorang perempuan yang diduga tertular virus COVID-19 dalam penerbangan dari Milan ke Korea Selatan.

Perempuan yang diketahui berusia 28 tahun itu termasuk di antara 300 warga Korea Selatan yang dievakuasi dari Italia pada bulan Maret lalu.

“Dalam penerbangan dari Milan ke Korea Selatan, dia memakai masker N95, kecuali saat menggunakan toilet,” tulis para peneliti dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Center for Disease and Prevention Control (CDC).

Hal itu membuat para peneliti menduga penularan terjadi di dalam toilet. Seperti yang diketahui bahwa, toilet dalam pesawat digunakan bersama dengan penumpang lainnya yang kebetulan duduk berdekatan dengan perempuan tersebut, termasuk juga orang tanpa gejala.

Baca juga: Ada Puluhan Artis Korea Dinyatakan Positif COVID-19 Sepanjang 2021

Saat ini pemerintah Korea Selatan telah mengatur penerbangan tersebut dengan pemberlakuan protokol kesehatan. Semua penumpang dan awak juga dikarantina saat tiba di Korea Selatan. Enam penumpang dinyatakan positif segera setelah tiba di Korea Selatan.

Sementara perempuan tersebut, baru mengalami gejala delapan hari setelah kepulangannya ke Korea Selatan. Dia kemudian menjalani perawatan di rumah sakit.

“Mengingat bahwa dia tidak pergi keluar dan telah dikarantina sendiri selama tiga pekan di rumahnya di Italia sebelum penerbangan, serta dia juga tidak menggunakan transportasi umum untuk sampai ke bandara, kemungkinan besar penularan terjadi dalam pesawat melalui kontak tidak langsung dengan pasien tanpa gejala,” tulis para peneliti dari Soonchunhyang University, Seoul, Korea Selatan, dikutip dari CNN.

Sayangnya, hingga saat ini tidak banyak bukti yang dapat menjelaskan mengenai penularan virus corona dalam penerbangan. Namun, studi baru ini merupakan langkah awal terkait penularan virus corona di dalam pesawat.

“Studi ini menjadi salah satu studi awal yang mencari kemungkinan penularan dari orang tanpa gejala di dalam pesawat terbang. Studi sebelumnya menemukan, pesawat terbang bisa memungkinkan penularan penyakit pernapasan seperti infuenza,” tulis para peneliti.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)