home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Belajar dari Korea, Protokol VDJ Jadi Cara Hindari Penularan Super-Spreaders COVID-19

Kamis, 27 Agustus 2020 15:45 by muthiasp | 430 hits
Belajar dari Korea, Protokol VDJ Jadi Cara Hindari Penularan Super-Spreaders COVID-19
Image source: The Wall Street Journal

DREAMERS.ID - Korea Selatan kini tengah menghadapi gelombang kedua pandemi COVID-19. Salah satu penyebab menjamurnya kembali puluhan kasus infeksi adalah dikarenakan kasus super-spreaders atau penularan cepat dari sebuah gereja dan kedai kopi.

Apa itu super-spreaders? Super-spreaders adalah kondisi di mana seorang pembawa virus corona menularkannya ke puluhan orang yang ada di sebuah ruangan yang sama. Dari kasus kedai kopi Starbuck di Korea, 55 konsumen tertular karena melepas masker di dalam kedai, sedangkan pelayan yang selalu memakai masker tidak terinfeksi.

Penularan di ruangan tertutup memiliki resiko yang lebih tinggi. Pasalnya, sirkulasi udara tidak lancar, dan juga hembusan angin AC yang membuat partikel virus menyebar lebih cepat. Untuk itu, Korea Selatan kembali memberlakukan jarak sosial yang ketat dan imbauan agar menghindari keramaian.

Lantas bagaimana menghindari super-spreaders? Yang utama adalah pakai masker dan jangan keluar rumah untuk urusan yang tidak penting. Apalagi sekedar hangout di kafe atau tempat makan lainnya. Usahakan tidak membeli makanan atau minuman dine-in, lebih baik take-away atau online dari rumah.

Bagi yang masih terpaksa keluar rumah dan menetap di sebuah ruangan dengan orang yang cukup banyak, ada baiknya memperhatikan protokol VDJ yaitu Ventulasi-Durasi-Jarak, yang juga sudah dikemukakan oleh WHO dan pakar kesehatan dunia sejak awal pandemi corona.

Melansir laman halodoc, ventilasi berkaitan dengan sirkulasi udara di tempat kamu berada. Durasi juga harus diperhatikan karena semakin lama berinteraksi maka semakin besar potensi penularan. Dan jangan lupa jaga jarak aman sejauh 2 meter dengan orang lain.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)