home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sempat Jadi Serum Anti-bisa Ular, Antibodi Kuda Akan Digunakan Sebagai Obat Corona?

Kamis, 10 September 2020 16:15 by Rie127 | 654 hits
Sempat Jadi Serum Anti-bisa Ular, Antibodi Kuda Akan Digunakan Sebagai Obat Corona?
Image Source: Suara

DREAMERS.ID - Sejak pandemi virus corona menyebar ke berbagai dunia, para ilmuwan masih terus mengusahakan vaksin dan obat untuk melumpuhkannya. Sebuah penelitian terbaru, sejumlah ilmuwan di Kosta Rika diketahui akan memulai uji coba pengobatan dengan menggunakan antibodi yang diambil dari kuda.

Antibodi kuda dianggap sebagai cara paling aman dan murah untuk mengatasi virus corona. Antibodi kuda sebelumnya juga telah digunakan untuk serum anti-bisa ular.

Para peneliti dari Clodomiro Picado Institute (ICP) Costa Rica University akan melakukan uji coba antibodi kuda terhadap 26 pasien positif COVID-19 pada pertengahan bulan September ini.

“Kami bangga mengetahui bahwa produk ini (antibodi kuda) akan menyelamatkan nyawa pasien hingga vaksin bisa benar-benar ditemukan. Antibodi kuda telah digunakan sebagai penangkal racun gigitan ular,” ujar koordinator proyek antibodi kuda dari ICP, Alberto Alape, dikutip Aljazeera.

Baca juga: Kabar Baik, Peneliti Temukan Jenis Antibodi Super Cegah Covid19

Peneliti mengimpor protein virus dari Tiongkok dan Inggris. Mereka kemudian menyuntikkannya protein tersebut ke 6 dari 110 kuda yang digunakan ICP untuk melakukan pengujian.

Saat kuda mengembangkan antibodi yang cukup beberapa minggu kemudian, para peneliti akan mengekstraksi darah kuda. Peneliti kemudian menggunakan antibodi dari plasma sebagai bahan mentah untuk serum yang akan disuntikkan pada pasien.

Jika berhasil, para peneliti berencana untuk membagi obat corona yang terbuat dari antibodi kuda ini kepada negara-negara tetangganya di Amerika Latin.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)