home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dulu Kumuh, Intip Cantiknya Sungai Cheonggyecheon Jadi Langganan Lokasi Syuting Drakor

Minggu, 13 September 2020 15:00 by bonita99 | 4212 hits
Dulu Kumuh, Intip Cantiknya Sungai Cheonggyecheon Jadi Langganan Lokasi Syuting Drakor
Image source: tourkekorea.net

DREAMERS.ID - Korea Selatan terkenal dengan kemajuan memperbaiki segala fasilitas masyarakat agar dapat dinikmati dan menjadi lokasi wisata. Salah satu perubahan yang sangat menonjol bisa dilihat dari sungai Cheonggyecheon yang dahulunya kumuh.

Sungai Cheonggyecheon kini sudah cantik dan menjadi lokasi wisata favorit turis lokal maupun internasional. Selain karena menjadi sungai modern dan percontohan bagi negara lain, wisata ke sungai Cheonggyecheon tanpa dikenakan biaya apapun. Dan semakin terkenal karena menjadi langganan lokasi syuting drama Korea.

Seperti drama terbaru SBS Do You Like Brahms? episode ke-4, ada adegan antara Park Eun Bin dan Kim Min Jae sedang mencari udara segar malam di Sungai Cheonggyecheon. Faktanya, bahwa sungai Cheonggyecheon ini adalah sungai pemulihan yang pernah ada sebelumnya selama Dinasti Joseon (1392-1910).

Menilik ke sejarah sebelum menjadi cantik, awalnya sungai Cheonggyecheon ini sempat menjadi lambang kemiskinan kota Seoul pada tahun 1950-an setelah perang Korea berakhir. Lalu pada tahun 2003, wali kota Seoul mengubah sungai ini selama 2.5 tahun agar menjadi lebih baik.

Baca juga: Bekas Kediaman Presiden Korsel Cheong Wa Dae Semakin Ramai Dikunjungi Wisatawan

Setelah diubah dan bangkit dari fase itu, sekarang Sungai Cheonggyecheon dengan panjang 11 km ini melintasi tempat wisata di Seoul seperti Istana Deoksugung, alun-alun Seoul, Sejong Center, Jalan Insa-dong, Istana Changdeokgung, dan Istana Changgyeonggung.

Terletak di titik awal Sungai Cheonggyecheon, berdiri bangunan Cheonggye Plaza yang mencakup area seluas 2.500 meter persegi, dan didesain dengan gaya bojagi tradisional Korea. Setiap bulan November, akan ada Seoul Lantern Festival yang merupakan festival tahunan di mana ratusan lentera menghiasi dan menerangi aliran sungai Cheonggyecheon. 

Terdapat juga atraksi yaitu Candle Fountain, yang menampilkan sinkronisasi dari tiga teknologi pencahayaan yang berbeda dan air terjun setinggi dua meter. Fyi, sungai Cheonggyecheon juga berhasil membuat kualitas udara di Seoul meningkat, dan suhu udara menurun yang artinya menjadi lebih adem.

Sebelumnya pada tahun 2018, saat kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Korea Selatan di mana berkunjung ke Sungai Cheonggyecheon.  Pemerintah Indonesia juga terinspirasi untuk mengubah sungai seperti Kali Ciliwung atau Kali Malang.

Untuk mengunjunginya, kamu bisa datang ke sini yang terletak di 03187, 37 Mugyo-ro, Jongno-gu, Seoul. Bisa naik subway ke Stasiun City Hall, Line 1, Exit 4 dan berjalan kaki selama 5 menit.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)