home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hari Cegah Bunuh Diri: Kenali Tanda dan Ikuti Langkah Cegah Orang Sekitar Bunuh Diri

Jumat, 11 September 2020 13:15 by bonita99 | 797 hits
Hari Cegah Bunuh Diri: Kenali Tanda dan Ikuti Langkah Cegah Orang Sekitar Bunuh Diri
Image source: deherba.com

DREAMERS.ID - Pada 10 September, dunia baru saja memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia yang bertujuan untuk menciptakan kesadaran di antara orang-orang dalam mengambil tindakan dan membantu mencegah kasus bunuh diri.

WHO mengungkapkan bahwa setiap 40 detik ada satu orang meninggal akibat bunuh diri. Maka setiap orang dihimbau untuk peduli dengan orang di sekitarnya. Jika melihat tanda umum seseorang yang ingin mencoba bunuh diri, kamu bisa membantu mencegahnya.

Melansir CNN Indonesia, ada beberapa tanda yang umumnya diperlihatkan seseorang saat terlintas pikiran tentang bunuh diri.

1. Berbicara tentang bunuh diri seperti membuat pernyataan 'Seandainya aku meninggal dunia' atau 'Seandainya aku tidak dilahirkan'.

2. Menarik diri dari kontak sosial dan selalu ingin dibiarkan sendiri.

3. Merasa terjebak atau putus asa karena situasi yang sedang dihadapi.

4. Mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.

5. Pola makan dan tidur yang berubah.

6. Melakukan hal-hal berisiko atau merugikan diri sendiri.

Baca juga: Inovasi Peneliti Asal Indonesia Cegah Orang Bunuh Diri dengan Google Ads

Jika melihat tanda tersebut pada orang-orang di sekitar, segera lakukan tindakan pencegahan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Jadi pendengar yang baik

Saat teman atau orang terdekat sedang menghadapi masalah, bantulah dengan mendengar semua cerita yang menjadi beban pikirannya. Jangan memberi komentar yang terkesan meremehkan. Berilah ucapan terima kasih atas kepercayaan kepada mereka telah percaya untuk berbagi cerita kepada kamu.

2. Bertanya soal keinginan bunuh dirinya

Mungkin terkesan menakutkan tapi perlu dibahas jika mereka memperlihatkan tanda-tanda. Dengan cara itu, dapat memberikan mereka kesempatan untuk terbuka kepada kamu dan memungkinkan menerima pertolongan.

3. Sarankan mencari pertolongan profesional

Selain bercerita kepada kamu yang mungkin dapat meringankan beban mereka, tapi belum tentu itu bertahan lama, sarankan agar mereka mencari pertolongan professional seperti psikolog.

4. Jangan dibiarkan sendirian

Temani mereka jika memperlihatkan tanda-tanda darurat, jangan biarkan sendirian. Sebab jika berada seorang diri akan menjadi kesempatan mereka untuk melakukan percobaan bunuh diri.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)