home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kurang Tidur 15 Menit Saja Bisa Picu Kenaikkan Berat Badan

Senin, 21 September 2020 19:00 by bonita99 | 829 hits
Kurang Tidur 15 Menit Saja Bisa Picu Kenaikkan Berat Badan
Image source:

DREAMERS.ID - Tidur cukup di malam hari setelah beraktivitas penuh akan memberi manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Rata-rata orang dewasa butuh tidur sekitar 7-9 jam di malam hari, jika tubuh kekurangan waktu tidur akan membuat kondisi tubuh menjadi tidak fit atau terganggu.

Melansir Kompas.com, kurang tidur selama 15 menit saja bisa berdampak bagi kondisi tubuh setiap orang. Salah satunya dalam studi terbaru JAMA Internal Medicine, ditemukan jika kurang tidur selama 15 menit bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Data diambil dari penggunaan aplikasi pelacak tidur pada 120.000 peserta yang terhubung ke ponsel pintar, jam tangan, dan alat pelacak kebugaran (fitness tracker). Hasilnya orang dengan indeks massa tubuh (BMI) di atas 30 memiliki kekurangan waktu tidur 15 menit dibandingkan mereka yang memiliki BMI lebih sehat.

Baca juga: Selain Kurang Tidur, Inilah 5 Penyebab Lain Munculnya Lingkar Hitam di Mata

Dalam pedoman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), orang dengan indeks massa tubuh di atas 30 dikategorikan obesitas. Dalam studi sebelumnya, menurut laporan USA Today tahun 2014, kurang istirahat dapat memicu peningkatan kadar hormon rasa lapar (ghrelin), serta penurunan hormon rasa kenyang atau leptin.

Untuk mengatasinya, para ahli menyarankan untuk mengatur jadwal waktu tidur, menghindari kafein di sore hari, membiasakan diri terpapar cahaya alami, dan menambahkan 30 menit olahraga ke dalam rutinitas harian kita.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)