home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Stres Picu Si Positif COVID-19 Ingin Tularkan Virus ke Orang Lain?

Rabu, 23 September 2020 16:10 by Rie127 | 681 hits
Stres Picu Si Positif COVID-19 Ingin Tularkan Virus ke Orang Lain?
Image Source: USC News

DREAMERS.ID - Beberapa waktu lalu, sebuah percakapan antara pasien positif COVID-19 menjadi viral di media sosial. Dalam hasil screenshoot tersebut, salah satu pasien mengajak pasien lainnya untuk tidak melakukan isolasi dan bepergian tanpa mematuhi protokol kesehatan dengan tujuan menularkan virus pada orang lain.

Dilansir dari CNN Indonesia, seorang psikolog bernama Mira Amir mengatakan bahwa fenomena tersebut bukan yang pertama kalinya terjadi pada pasien di Semarang. Pada pertengahan Mei 2020 lalu, seorang pasien di Tasikmalaya yang dijemput petugas mengamuk dan memeluk setiap warga yang menontonnya dengan motif yang sama.

Pada kasus di Semarang, Mira menduga pasien yang bersangkutan mengalami stres, rasa takut berlebih, dan sedih dalam waktu yang lama. Terlebih, sang ayah juga diketahui meninggal karena COVID-19

“Stres lama dan signifikan buat dia (pasien COVID-19 di Semarang) sampai di satu titik emosinya yang paling kuat sehingga tidak mampu berpikir secara rasional,” kata Mira dikutip dari CNNIndonesia.com.

Baca juga: Ada Puluhan Artis Korea Dinyatakan Positif COVID-19 Sepanjang 2021

Mira juga melanjutkan bahwa emosi yang meningkat membuat orang sulit untuk berpikir secara logis. Akibatnya, keputusan yang diambil menjadi tidak tepat dan tidak berjalan dengan baik.

Belum lagi, hingga saat ini vaksin dan obat masih belum ditemukan. Kondisi sedemikian rupa membuat pasien sulit membayangkan kesembuhan dan merasa semakin jauh dengan kata sembuh.

“Support system yang baik sebenarnya bisa meringankan (stres). Interaksi antarmanusia membantu produksi hormon endorfin yang menimbulkan perasaan senang dan imunitas baik,” kata Mira.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)