home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Seduh Teh Jangan Pakai Air Mendidih? Ini Kata Ahlinya

Rabu, 30 September 2020 13:10 by bonita99 | 716 hits
Seduh Teh Jangan Pakai Air Mendidih? Ini Kata Ahlinya
Image source: okezone

DREAMERS.ID - Banyak yang mengira untuk menyeduh teh menggunakan air mendidih agar memastikan bahwa air benar-benar bisa diminum dan teh terekstraksi dengan sempurna. Namun bagaimana cara menyeduh teh yang benar menurut ahli?

Mengatur suhu air sebelum menyeduh akan membuar rasa teh lebih nikmat. Melansir detikcom, Martin Isark, seorang pencicip makanan dan minuman profesional dari Inggris mengatakan soal suhu air untuk menyeduh teh. Ia menyebutkan bahwa air mendidih justru mematikan rasa khas teh.

“Inilah saatnya mematahkan mitos harus memakai air mendidih untuk menyeduh teh. Air yang terlalu panas akan membunuh cita rasa teh dan yang tersisa hanyalah rasa yang pekat dari tannin kering dan astrigen. Merebus air berlebihan dan mencelupkan teh kantong terlalu lama akan membuat rasa air teh seperti air rebusan kol,” kata Martin

Baca juga: Ini Resep Teh Hijau Dingin ala Renjun NCT, Enak Banget

Martin juga menambahkan bahwa menuangkan sedikit air dingin di atas kantong teh sebelum dituang air mendidih bisa membantu mengatur temperatur. Karena air mendidih bisa turun 10 derajat celcius setiap ditambahkan 10 persen air dingin. Untuk mencapai suhu 80 derajat celcius maka cangkir teh atau mug perlu diisi 20 persen air dingin.

Edward Eisler, seorang ahli teh dan pendiri Jing Tea setuju dengan pendapat Martin dengan mengatakan, "Tidak benar untuk menyeduh teh harus memakai air mendidih. Banyak teh rasanya lebih enak diseduh dengan air yang suhunya lebih dingin.”

Ada panduan untuk menyeduh teh hitam jenis Assam bisa memakai air dengan suhu 80 derajat celcius. Sementara teh hijau air dengan suhu 50-65 derajat celcius, dan teh olong dengan air bersuhu di atas 95 derajat celcius.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)