home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lagi, Awkarin Ketahuan Comot Karya Ilustrasi Orang Tanpa Izin

Selasa, 06 Oktober 2020 18:00 by bellaevania | 454 hits
Lagi, Awkarin Ketahuan Comot Karya Ilustrasi Orang Tanpa Izin
Image Source: Instagram/@awkarin

DREAMERS.ID - Awkarin kembali dikecam karena kembali memakai ilustrasi karya seniman Amerika Serikat untuk kebutuhan pribadi. Ilustrasi tersebut diedit dan diunggah ke akun Instagram Awkarin.

Dalam unggahan yang kini telah dihapus itu, Awkarin menggunakan ilustrasi bertuliskan 'its a miracle we ever met’ karya seniman Haillie Bateman yang berdomisili di Los Angeles. Awkarin memakai karya tersebut tanpa izin saat mengunggah foro bersama sang kekasih, Sabian Tama.

Sang seniman sempat berkicau mengenai penggunaan karyanya tanpa izin. "@Awkarin mengedit dan mengunggah ulang karya seni saya ke akun Instagram-nya, membagikannya kepada 5,7 juta followers, tanpa pernah bertanya soal izin atau credit kepada saya. Saya meminta dia untuk menurunkannya. Tidak ada respons," tulis Hallie Bateman.

. @awkarin edited and posted my artwork on her Instagram, sharing it with her 5.7 million followers, never asking for permission or crediting me. I've asked her to take it down. No response. https://t.co/LebD5gi53H

— Hallie Bateman (@hallithbates) October 5, 2020

Baca juga: Awkarin Beberkan Alasan Tak Ikut Demo Protes UU Cipta Kerja

Melalui Twitter pula, Awkarin menyampaikan permintaan maaf. Ia beralasan menemukan ilustrasi tersebut di laman Pinterest tanpa tahu siapa pembuatnya. "Sekali lagi saya membuat kesalahan dengan menggunakan karya seni seseorang di Pinterest tanpa mengetahui siapa seniman yang sebenarnya."

"Saya sangat ceroboh untuk tidak mencoba mencari tahu siapa senimannya. Tapi, saya tidak pernah berniat mencuri atau meniru karya seniman lain. Saya sangat menyesal untuk ini," cuit Awkarin di halaman Twitter pribadinya.

Ini bukan kali pertama Awkarin mengunakan karya illustrator tanpa izin. Beberapa waktu lalu desain t-shirt yang diproduksi oleh Awkarin juga diduga menjiplak karya seorang illustrator. Namun Awkarin tegas membantah, dan mengatakan desain tersebut merupakan karya asli desainer grafisnya yang tergabung dalam Bad Influence.

“Kita dari team dapet inspirasi ini gak dari kamu atau yang kamu kasih reference-nya. Kita (team) bikin ini punya graphic designer sendiri, Alan, dan kita approve, karena hasil grafis dia sendiri. Jadi kalo kamu mau nyari clout, monggo,” tulisnya. “Yaudah kalo kurang jelas, mau ketemu? Tenang gak ada lawyer kok.”

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Billboard menandatangani kemitraan strategis dengan Kakao Entertainment pada 18 April. Ini merupakan kolaborasi resmi pertama antara perusahaan K pop dan raksasa musik AS....
  • HOT !
    Drama baru SBS Connection dijadwalkan tayang perdana pada bulan Mei. Dibintangi oleh Ji Sung dan Jeon Mi Do, drama bergenre thriller kriminal ini meningkatkan antisipasi dengan merilis dokumentasi dari sesi diskusi naskah....
  • HOT !
    Kecintaan Lisa BLACKPINK terhadap supercar telah menarik perhatian banyak orang. Baru baru ini dalam video yang diunggah untuk merayakan ulang tahunnya, Lisa memperkenalkan mobil mewahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)