home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Amankah Mendengarkan Musik Saat Berkendara?

Rabu, 07 Oktober 2020 16:10 by SidikTri | 483 hits
Amankah Mendengarkan Musik Saat Berkendara?
Image Source: Blibli

DREAMERS.ID - Saat berkendara mengunakan mobil kita pasti sering menemui kejenuhan apalagi jika kita menempuh jarak yang lumayan jauh, atau menemui kemacetan. Kejenuhan tersebut biasanya akan menimbulkan kantuk yang tentu akan berbahaya karena dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Menyetel musik kemudian menjadi opsi terbaik untuk menghilangkan kejenuhan tersebut. Dengan mendengarkan musik, suasana dalam mobil tentu akan menjadi lebih baik. Tetapi, amankah mengendarai mobil sambil mendengarkan musik?

Sony Susmana selaku Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan bahwa mengemudi sambil mendengarkan musik menjadi aktivitas yang wajar untuk menunjang kenyamanan berkendara dan menghilangkan kebosanan.

“Saat mengemudi kan harus ada hal-hal yang menunjang kenyamanan dan paling tidak membuat suasananya tidak membosankan, salah satunya ya dengan mendengarkan musik,” ujar Sony dikutip Kompas.

Namun kemudian, Sony mengatakan pengemudi tetap perlu memperhatikan beberapa hal agar selama mendengarkan musik tidak mengganggu konsentrasi. Diantaranya pengemudi harus tetap memperhatikan tingkat volume musik yang dipasangnya.


Image Source: V-Tech

Sony menyarankan pengemudi agar tidak menyetel lagu dengan volume yang sangat keras, karena hal tersebut dapat menyebabkan suara di luar kabin tidak terdengar. “Volumenya yang terlalu keras bisa menyebabkan komunikasi atau suara yang ada di luar kabin menjadi tidak terdengar,” tegas Sony.

Selain itu, Sony juga menyarankan para pengemudi untuk memperhatikan dan selalu selektif memilih lagu-lagu yang didengarkan. Jenis musik atau lagu yang diputar sebaiknya jangan yang dapat berpengaruh terhadap mood atau emosi.

“Musik atau lagu yang didengarkan juga tidak boleh mengubah mood atau emosi pengemudi, misalnya musik berkarakter keras (rock) yang bisa membuat gaya mengemudi agresif atau lagu melow yang bisa membuat mata jadi ngantuk,” tuturnya.

Terakhir, Sony berpesan kepada para pengemudi agar sebaiknya tidak ikut bernyanyi selama mendengarkan musik. karena, hal tersebut bisa saja mengganggu konsentrasi pengemudi. “Tidak (perlu) ikut menyanyi, karena fokus jadi terbagi hal ini membuat respons pengemudi lambat. Lalu alunan musik juga jangan sampai membuat suasana di dalam kabin menjadi gaduh layaknya konser,” tutupnya.

(sidk)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)