home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lagi Tren, Ini 4 Manfaat Berkebun di Masa Pandemi

Kamis, 08 Oktober 2020 07:00 by SidikTri | 1362 hits
Lagi Tren, Ini 4 Manfaat Berkebun di Masa Pandemi
Image Source: Butterkicap

DREAMERS.ID - Pandemi COVID-19 mebuat kita harus melakukan social distancing dengan berdiam di rumah untuk mencegah penyebaran virus. Hal ini membuat banyak orang kemudian mencari kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengusir kebosanan atau kejenuhan, misalnya berkebun.

Berkebun bisa menjadi salah satu opsi yang layak untuk dicoba. Pasalnya, selain dapat mempercantik halaman rumah, ternyata berkebun di tengah pandemi seperti sekarang ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Melansir Liputan 6, berikut empat manfaat berkebun ditengah pandemi COVID-19:

Meredakan Stres


Ilustrasi Meredakan Stres. Image Source: Hipwee

Pandemi tentu menimbulkan stres di pikiran kita, bisa karena takut terinfeksi virus ataupun karena tidak dapat melakuakan hal-hal seperti biasanya. Berkebun menjadi pereda stres di masa pandemi karena bisa mendapatkan udara segar, paparan sinar matahari, bersantai, dan bahkan kontak langsung dengan tanah yang membantu melepaskan serotonin di otak. Hal-hal tersebut dapat membantu menghilangkan stres ataupun kepenatan di pikiran kita.

Menurunkan berat badan


Ilustrasi Penurunan Berat Badan. Image Source: DetikHealth

Ternyata berkebun dapat sangat bermanfaat terutama untuk para wanita yang sedang ingin menurunkan berat badan. Pasalnya dengan berkebun, tubuh akan lebih banyak bergerak sehingga dapat membakar kalori tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Public Health, berkebun dapat menurunkan berat badan hingga 5 sampai 7 kilogram. Jadi wajib dicoba nih buat kalian kaum wanita yang merasa berat badan naik karena terus berdiam diri dirumah.

Meningkatkan daya tahan tubuh


Ilustrasi Tubuh Sehat. Image Source: IDN Times

Manfaat yang satu ini sangat berguna di masa pandemi, karena ternyata berkebun dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang tentu sangat positif. Bakteri yang terdapat di dalam tanah dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Dengan begitu kita tidak akan mudah jatuh sakit dan dapat melawan infeksi dengan cepat. Hal tersebut dinyatakan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen, yang menemukan bahwa berkebun juga dapat mencegah terjadinya alergi.

Menikmati waktu di luar ruangan


Ilustrasi Bermain Di Kebun. Image Source: Friso

Saat ini, kita cenderung menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan, hal tersebut dapat memberikan dampak negatif pada perilaku dan kesehatan, terlebih bagi anak-anak. Nah, berkebun akan membuat kita dan keluarga berada di luar ruangan sambil menikmati alam.

(sidk)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)