home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Indahnya Tempat Pembuangan Sampah di Dubai yang Disulap Jadi Taman Safari

Sabtu, 10 Oktober 2020 11:00 by SartikaF | 576 hits
Indahnya Tempat Pembuangan Sampah di Dubai yang Disulap Jadi Taman Safari
Image source: ArabianBusiness

DREAMERS.ID - Tempat sampah sudah sangat lekat kata kotor, kumuh, dan bau. Setiap negara pasti memiliki tempat pembuangan sampah umum, tinggal bagaimana negara tersebut mengelolanya. Beda dari yang lain, Dubai menyulap tempat pembuangan sampah menjadi tempat yang lebih memukau.

Pada Senin (5/10), Dubai Safari Park telah dibuka kembali setelah melakukan renovasi selama dua tahun. Negara terkaya di dunia ini berupaya untuk meningkatkan sektor pariwisata yang terpukul parah di tengah pandemi COVID-19.

Dubai Safari Park diketahui telah dibangun di lokasi bekas pembuangan sampah seluas 119 hektare, dan untuk pertama kalinya pada Desember 2017 gerbang ini dibuka untuk umum. Namun tiba-tiba lima bulan kemudian ditutup untuk masa perbaikan taman.

Direktur operasi, Muna Alhajeri mengatakan bahwa Dubai Safari Park adalah rumah bagi hampir 3.000 satwa. "Ini termasuk fauna langka yang hadir untuk pertama kalinya di Uni Emirat Arab," ujarnya kepada AFP.

Baca juga: Mengintip Kolam Selam Terdalam di Dunia Punya Dubai

Satwa langka yang ada di Dubai Safari Park termasuk komodo, antelop bertanduk spiral, Oryx Arab, anjing liar Afrika berwarna, gorila, owa, bongo, dan lemur. "Situs itu diubah dari tempat pembuangan sampah menjadi tujuan wisata, hiburan dan budaya," kata Alhajeri.

Pengunjung bisa berkeliling taman menggunakan kereta ber-AC. Taman ini terdiri dari tiga desa utama, Desa Afrika, Desa Asia dan Desa Penjelajah, dan juga termasuk tur Safari Gurun Arab. Tur bus di Desa Penjelajah juga memberi pengunjung kesempatan untuk menemukan hewan dari Afrika dan Asia.

Sebelumnya pada akhir 1970 hingga awal 1990, Dubai Safari Park berfungsi sebagai fasilitas pembuangan sampah dengan tumpukan setinggi 30 meter. Alhajeri mengatakan, sejak pembangunan danau di tengah taman, burung liar ramai berdatangan ke lokasi tersebut.

"Tempat itu dibangun sedemikian rupa untuk menampung satwa liar di habitat alami dengan baik," katanya.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)