home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kebalikan Indonesia, 6 Kebiasaan Ini Justru Dianggap Sopan di Luar Negeri

Minggu, 11 Oktober 2020 12:00 by RizkiSetiawaan | 20446 hits
Kebalikan Indonesia, 6 Kebiasaan Ini Justru Dianggap Sopan di Luar Negeri
Image Source: intrepidtravel

DREAMERS.ID - Kebudayaan dan kebiasaan yang dimiliki setiap negara atau daerah sangat berbeda-beda. Hal ini membuat setiap negara memiliki aturan yang tidak tertulis tentang beberapa kebiasaan sopan atau kurang sopan, dan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berkunjung ke daerah atau negara tersebut.

Nah, ternyata ada beberapa kebiasaan yang biasanya dianggap kurang sopan, khususnya di Indonesia, tetapi hal ini sah-sah saja dilakukan di negara atau daerah tersebut dan bahkan dianjurkan untuk dilakukan, termasuk kebiasaan makan.

Mengutip dari Reader’s Digest via Tribunnews, berikut kebiasaan makan yang dianggap tidak sopan di Indonesia, ternyata justru dianggap baik di negara atau daerah lain.

Memakan Makanan yang Terjatuh di Lantai


Image source: theconversation.com

Di beberapa negara Timur Tengah, jika kalian menjatuhkan makanan ke lantai, kalian harus mengambil, mencium, dan menaikkan makanan itu ke dahi sebelum meletakannya kembali ke piring. Hal ini menunjukkan penghormatan kepada makanan dan kerja keras yang dibutuhkan untuk mendapatkannya.

Sedangkan di Indonesia, makanan yang sudah jatuh ke lantai harus dibuang, karena sudah kotor.

Menghabiskan Makanan di Atas Piring


Image source: lifestyle.okezone.com

Di beberapa negara Asia, menghabiskan makanan di atas piring sampai bersih bisa berarti si tuan rumah kurang memberimu makan. Maka dianjurkan untuk menyisakan sedikit makanan untuk menunjukkan kalian sudah merasa kenyang. Kalau tidak, piring kalian akan diisi kembali sampai makanan yang tuan rumah miliki habis.

Bermain-main dengan Makanan


Image source: agoda.com

Di Jerman, memotong kentang dengan pisau menandakan kalian berpikir kentang itu dimasak secara kurang baik. Supaya tidak menyinggung tuan rumah yang menyediakan makanan, kalian harus memotong atau menghancurkan kentang dengan garpu. Selain itu, tindakan tersebut juga membuat saus gravynya lebih merata

Bersendawa dan Menyeruput Makanan


Image source: parenting.orami.co.id

Di China dan Taiwan, bersendawa adalah ungkapan pujian yang artinya kalian menyukai makanan yang telah disajikan Menyeruput mie langsung dari piring atau mangkuk menandakan tanda penghormatan yang sama dengan si penyaji makanan

Sementara di Indonesia, bersendawa setelah makan dianggap tidak sopan.

Tidak Menawarkan Diri Untuk Patungan Membayar Makanan


Image source: rimma.co

Di Prancis, patungan dalam membayar makan malam di anggap sebagai hal yang kurang sopan. Untuk menghindarinya, kalian harus menawarkan diri untuk membayar semua makanan atau membiarkan orang lain yang membayarnya.

Menyuapi Makanan kepada Orang Lain Langsung Dengan Tangan


Image source: honestdocs.co.id

Di Ethiopia, menyuapi makanan kepada orang lain dengan tangan merupakan salah satu gestur keramahan. Tradisi yang disebut gursha ini dimaksudkan untuk membangun kepercayaan dan mempererat keakraban di antara orang-orang yang saling berbagi makanan.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)