home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Wabah Norovirus di China, Juga Ditemukan di Indonesia?

Rabu, 14 Oktober 2020 14:10 by SidikTri | 1457 hits
Heboh Wabah Norovirus di China, Juga Ditemukan di Indonesia?
Image Source: KlikDokter

DREAMERS.ID - China yang menjadi tempat awal mewabahnya virus Covid-19 yang kemudian menjadi pandemi global. Baru-baru ini, China kembali diserang oleh virus lain yaitu norovirus yang diketahui dapat menyebabkan orang yang terinfeksi mengalami muntah dan diare.

Melansir Kompas, lebih dari 70 mahasiswa di sebuah universitas di Taiyuan, Provinsi Shanxi, China Utara mengalami diare dan muntah-muntah pada Senin (12/10). Departemen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Taiyuan kemudian melakukan analisis terhadap 28 kasus mahasiswa itu dan hasilnya ditemukan 11 kasus positif norovirus.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), norovirus adalah virus yang sangat menular dan dapat menyerang segala usia. Penularan norovirus dapat terjadi melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Selain itu, virus tersebut juga dapat menular dari makanan atau air yang terkontaminasi. Bahkan, penularan terjadi hanya dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus, dan kemudian tangan kita makan tanpa cuci tangan terlebih dahulu.

Baca juga: Waspada Norovirus, Hati-hati Makan di Luar Rumah atau Delivery

Menurut Medical News Today, norovirus juga dikenal sebagai winter vomiting bug atau 'kuman muntah musim dingin', yang berarti virus ini lebih sering menginfeksi di musim dingin. Namun tetap saja virus ini juga dapat menyerang kapan saja sepanjang tahun.

Rupanya, salah satu jenis norovirus juga sudah ditemukan di Indonesia dan dikatakan menjadi penyebab diare akut terbanyak. Hal tersebut disampaikan dalam jurnal PubMed yang ditulis oleh sejumlah peneliti yang beberapa di antaranya berasal dari Indonesia.

Studi dilakukan pada sejumlah anak berusia kurang dari 5 tahun yang dirawat akibat diare akut di rumah sakit di Surabaya, Indonesia. Hasilnya, infeksi Genogroup Norovirus (GI dan II) teridentifikasi pada feses (tinja) 31 pasien anak berusia 1-60 bulan yang dirawat di rumah sakit dengan diare akut dari April 2012 - Maret 2013. Infeksi tersebut terdeteksi dengan menggunakan reverse transcription polymerase chain reaction (RT- PCR).

(sidk)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)