home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Nggak Cuma Dehidrasi, Rasa Haus Juga Bisa Disebabkan Karena Ini

Jumat, 30 Oktober 2020 23:00 by SartikaF | 770 hits
Nggak Cuma Dehidrasi, Rasa Haus Juga Bisa Disebabkan Karena Ini
Image source: Coway

DREAMERS.ID - Haus biasanya sering kali dialami ketika berolahraga, berjalan-jalan di bawah matahari menyengat, atau setelah makan pedas mungkin sudah menjadi hal yang umum. Tapi rupanya ada hal lain yang menjadi pemicu rasa haus yang lebih serius.

Dilansir dari Cleveland Clinic via Kompas, tiga alasan berikut mungkin menjadi penyebab timbulnya rasa haus.

1. Dehidrasi

Suhu yang terlalu panas adalah salah satu penyebab dehidrasi sering terjadi ketika kita sedang berada di luar ruangan. Baik olahraga berat, atau hanya bersantai di pantai. Pada kondisi tersebut, tubuh biasanya mengeluarkan keringat yang harus digantikan dengan air.

Solusinya agar tidak dehidrasi adalah minumlah air yang banyak. Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Anjuran Kementerian Kesehatan RI, orang dewasa disarankan mengonsumsi air putih sekitar delapan gelas (ukuran 230 ml) per hari atau total 2 liter.

2. Mengonsumsi obat-obatan

Beberapa obat-obatan yang diresepkan dokter juga bisa memberikan efek samping tertentu, termasuk haus. Beberapa obat seperti antipsikotik, antidepresan, antikonvulsan, antikolinergik, dan agonis alfa dapat menyebabkan mulut kering.

3. Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya. Penyakit ini dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam memproduksi atau merespons insulin, sehingga menghasilkan kadar gula darah tinggi. Pada awalnya, pengidap tidak sadar bahwa mereka mengidap penyakit yang satu ini karena gejala yang tidak begitu terlihat.

Salah satu gejalanya adalah peningkatan rasa haus dan sering buang air kecil. Hal sepele tersebut merupakan tanda awal munculnya diabetes yang terjadi, karena terlalu banyak gula dalam darah yang sangat membebani kerja ginjal dalam memproses gula tersebut.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)