home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Asal Puji, 5 Kalimat Ini Justru Bisa Bikin Orang Tersinggung

Sabtu, 31 Oktober 2020 13:13 by SartikaF | 1780 hits
Jangan Asal Puji, 5 Kalimat Ini Justru Bisa Bikin Orang Tersinggung
Image source: Naver x Dispatch

DREAMERS.ID - Diantara kalian siapa sih yang tidak suka dipuji? Kalimat pujian memang membuat hati lebih senang, namun perlu diketahui bahwa ternyata kalimat pujian juga bisa membuat orang tersinggung lho.

Apalagi jika dilontarkan pada momen yang tidak tepat. Melansir dari Wolipop, berikut kalimat pujian yang membuat seseorang merasa tidak nyaman bahkan tersinggung.

1. "Potong rambut ya? Pasti akan terlihat lebih bagus jadi kelihatan lebih muda!"

Biasanya orang senang jika penampilan barunya dipuji. Tapi alangkah baiknya jangan pernah membandingkan dengan penampilan yang sebelumnya. Psikolog Wyatt Fisher menyarankan, cukup memujinya dengan kata-kata, "potong rambut dengan model baru sepertinya cocok loh di wajah kamu"

2. "Kamu orang yang tangguh dan kuat!"

Kalimat pujian seperti ini sebaiknya tidak diucapkan saat memberi dukungan kepada seseorang yang sedang mengalami masa sulit. Bukannya meringankan hati, justru bisa membuat seseorang semakin mengingat akan situasi yang sulit.

Menurut pakar kesehatan mental Caleb Backe, terkadang orang hanya ingin bertahan tanpa harus dipandang bahwa mereka kuat atau tangguh. Bahkan mungkin saja dia tidak sekuat yang dipikirkan orang dan justru ingin meluapkan sisi lemahnya.

3. "Kamu cantik banget!"

Siapa sih yang tidak ingin dipuji cantik? Tapi berkomentar tentang betapa cantik atau menariknya seseorang yang baru dikenal atau bahkan asing malah akan membuat suasana jadi canggung. Kamu bisa memuji kecantikan seseorang jika hubungan kalian sudah cukup dekat.

Misalnya teman, keluarga atau rekan kerja. Jika kamu baru saja berkenalan dan langsung mengatakan kalau dia 'cantik banget', 'keren banget', 'luar biasa bagus' justru dia akan merasa kurang nyaman dan menganggapmu berlebihan.

4. "Kamu terlihat cantik/tampan untuk orang seusiamu."

Mendapatkan pujian seperti ini sama saja dengan kamu mengatakan bahwa mereka sebenarnya tidak cantik atau menarik secara umum.

"Sebaiknya tidak usah menambahkan 'untuk orang seusiamu' tapi bilang saja 'kamu terlihat bagus'," kata penulis Unconditional Truth Travis Chapman, seperti dikutip dari Reader's Digest.

5. "Kamu cantik banget tau kalau pakai makeup."

Pujian semacam ini seolah-olah mengatakan bahwa kalau dia tidak benar-benar cantik saat natural atau tanpa make up. Jika ingin memuji make up seseorang, cukup katakan kalau riasan wajahnya bagus atau dia berbakat dalam ber-makeup.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)