home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidak Pakai Masker Bisa Jadi Gangguan Jiwa Antisosial

Senin, 02 November 2020 15:10 by RandyW | 275 hits
Tidak Pakai Masker Bisa Jadi Gangguan Jiwa Antisosial
Image Source: ayobekasi.net

DREAMERS.ID - Pandemi virus corona hampir satu tahun ini menjadi ancaman besar di dunia. Namun, masih banyak yang abai dengan protokol kesehatan. Sekalipun yang paling mudah yaitu memakai masker. Hal itu bisa menjadi tanda gangguan jiwa lho.

Melansir laman Antara (2/11), studi di Brazil menyatakan bahwa orang yang tidak mau menggunakan masker saat berada di ruang publik ini kemungkinan memiliki hubungan dengan gangguan kepribadian antisosial.

Temuan ini didapat dengan melakukan survei terhadap lebih dari 1.500 orang dengan usia 18 – 73 tahun. Survei menggunakan kuisioner dengan mempertanyakan tentang kepatuhan para partisipan terhadap tindakan pencegahan COVID-19, termasuk memakai masker.

Hasilnya yang dikutip dari The Independent, menyatakan bahwa ilmuwan menemukan ada dua pola, yakni profil antisosial atau resisten terhadap tindakan keamanan, dan profil empati atau patuh.

Baca juga: Gejala Khusus COVID-19 Subvarian XB.1.16 yang Ditemukan 5 Kasus Di Jakarta

Profil antisosial mendapat skor lebih tinggi dalam pertanyaan kepribadian terkait dengan tidak berperasaan, tipu daya, permusuhan, impulsif, tidak bertanggung jawab, manipulatif, dan pengambilan risiko. Semua ini merupakan ciri khas dari gangguan kepribadian antisosial (ASPD). Mereka juga mendapat nilai lebih rendah dalam resonansi afektif.

Sementara mereka yang tergolong masuk profil empati memiliki skor yang lebih tinggi dalam resonansi afektif, dan skor yang lebih rendah pada sifat-sifat yang terkait dengan ASPD.

"Melalui pemeriksaan yang menunjukkan peningkatan pada ciri-ciri (ASPD) ini, intervensi dapat dilakukan dengan tujuan pada kesadaran yang lebih besar dan kepatuhan konsekuen dengan tindakan penahanan," kata peneliti.

Selain di Brazil, masih banyak orang di Indonesia yang merasa dirinya kebal dan tidak tercaya Covid-19. Akibatnya masih banyak orang yang tidak memperdulikan penggunaan masker. Oleh karena itu pemerintah selalu mengkampanyekan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)