home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bikin Takjub, Bangunan 5 Lantai Ini Dipindahkan dengan 'Berjalan Sendiri'

Kamis, 05 November 2020 07:00 by RizkiSetiawaan | 1094 hits
Bikin Takjub, Bangunan 5 Lantai Ini Dipindahkan dengan 'Berjalan Sendiri'
Image Source:cnn.com

DREAMERS.ID - Penduduk Shanghai yang melewati distrik Huangpu timur kota pada bulan Oktober mungkin akan menemukan pemandangan yang tidak biasa bangunan dapat "berjalan" sendiri. Sebuah sekolah dasar berusia 85 tahun telah diangkat dari tanah dan dipindahkan menggunakan teknologi baru yang dijuluki "mesin berjalan."

Dalam upaya terbaru kota untuk melestarikan struktur bersejarah, para insinyur memasang hampir 200 penyangga bergerak di bawah bangunan lima lantai. Menurut Lan Wuji, kepala pengawas teknis proyek, penopangnya bertindak seperti kaki robot, mereka terbagi menjadi dua kelompok yang bergantian naik turun, seperti meniru langkah manusia.

Sensor yang terpasang membantu mengontrol bagaimana bangunan bergerak maju, kata Lan. Menurut pernyataan dari pemerintah distrik Huangpu, Sekolah Dasar Lagena dibangun pada tahun 1935 oleh dewan kota bekas Konsesi Perancis di Shanghai.

Baca juga: Sebuah Bangunan 5 Lantai di Shanghai Dapat “Berjalan” Sendiri?

Bangunan itu dipindahkan untuk memberi ruang bagi kompleks komersial dan perkantoran baru, yang akan selesai pada tahun 2023. Pekerja harus terlebih dahulu menggali di sekitar gedung untuk memasang 198 dukungan seluler di ruang di bawahnya, jelas Lan.

Setelah pilar bangunan dipotong, "kaki" robotik tersebut kemudian diperpanjang ke atas, mengangkat bangunan sebelum bergerak maju. Selama 18 hari bangunan itu diputar 21 derajat dan dipindahkan sejauh 62 meter (203 kaki) ke lokasi barunya.

Relokasi selesai pada 15 Oktober, dengan gedung sekolah lama ditetapkan menjadi pusat perlindungan warisan dan pendidikan budaya. Proyek ini menandai pertama kalinya metode "mesin berjalan" ini digunakan di Shanghai untuk merelokasi sebuah bangunan bersejarah, pernyataan dari pemerintah.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)